Kakankemenag: Inovasi Baru Ihmal Market, Pola Pendistribusian Semakin Simpel

Kankemenag Aceh Tengah 17-07-2019 13:34

Ketiatan Silaturahmi Kankemenag (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Tengah)

Takengon (Sudrajat) -- "Ihmal Market" wakaf produktif Kemenag Aceh Tengah menerapkan inovasi baru terkait pola pendistribusian barang yang semakin gampang dan simpel.

Hal tersebut disampaikan Kakankemenag Aceh Tengah, Drs. H. Amrun Saleh, MA pada acara silaturahmi di awal tahun pelajaran baru 2019/2020 ke Sejumlah Madrasah, Rabu, 17/7/19

Ihmal Market hari ini menerapkan inovasi pola pendistribusian baru yaitu ASN atau masyarakat yang akan berbelanja ke toko Ihmal Market tidak perlu datang ke toko. Secara kolektif cukup menulis daftar belanja ke form belanja yang sudah disediakan Ihmal Market maka barang belanjaan akan diantar sesuai pesanan.
"Keluarga besar kemenag Aceh Tengah dan Mayarakat yang akan berbelanja secara kolektif cukup mengisi form belanja, maka barang akan diantar, namun bagi yang mau datang langsung silahkan" Jelas Kakankemenag Aceh Tengah.

Pada kesempatan yang sama, Nazir Ihmal Market Wahdi, MS. MA menjelaskan secara teknis pola pendistribusian Ihmal Market yang baru sangat simpel.
"Secara kolektif pesanan di catat di form belanja Ihmal Market, kemudian form yang sudah terisi catatan belanja diantar perwakilan satker ke Ihmal Market, Insyallah tidak lama barang akan diantar", demikian jelasnya.

Menurut Kakankemenag,  konsep "Ihmal Market" jelas, yaitu penerapan konsep Islam, berwakaf sebagai investasi yang pahalanya terus mengalir. Salah satu amalan yang tidak akan putus bersedekah menginfakkan harta. Satu sisi wakaf dapat menyelamatkan kehidupan akherat sebagai amal sedekah jariyah,  satu sisi meningkatkan perekonomian ummat.

Berkaitan dengan konsep dasar wakaf dalam Al Qur'an terdapat dalam Surah Ali Imran ayat 92 "Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya", QS Ali Imran: 92

"Ihmal market merupakan Wakaf produktif dalam bentuk donasi dari ASN Kemenag Aceh Tengah, wakaf produktif ihmal market akadnya adalah untuk keperluan ummat, maka dari itu dalam berwakaf harus ikhlas agar tidak menghilangkan pahalanya".Jelas Kakankemenag.

Pada kesempatan silaturahmi tersebut Kakankemenag Aceh Tengah dan jajaran memberi kesempatan tanya jawab dengan Kepala Madrasah dan Para Guru pada tiap Madrasah terkait hal-hal yang belum jelas mengenai pola pendistribusian Ihmal Market.

Kakankemenag dalam kegiatan silaturahim ke sejumlah madrasah MAN 1 Aceh Tengah, MTsN 1 Aceh Tengah dan MIN 1 Aceh Tengah, MAN 2 Aceh Tengah di dampingi Kasubbag TU Wahdi. MS, MA, Kasi Bimas Islam, Ahmad Marjan, S.Ag, Kasi Pais Yulia, MA, Kasi PD Pontren, Ihsanuddin, S.Ag, dan dihadiri Kepala Madrasah dan Dewan Guru.

Semoga kegiatan silaturahmi diawal tahun ajaran baru 2019/2020 mendapat keberkahan.[]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW