Panitia Haji Kab. Aceh Jaya Gelar Rapat Pemantapan Teknis Keberangkatan JCH

Kankemenag Aceh Jaya 16-07-2019 23:54

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Jaya)

Calang (ferdiyansyah) --- Semakin dekat jadwal keberangkatan jemaah calon haji, panitia haji daerah gelar pertemuan di Kantor Dinas syariat Islam kabupaten Aceh Jaya, Selasa (16/7).

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut, diantaranya adalah Kepala Kankemenag Aceh Jaya, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kasubbag TU Kemenag, Kepala Dinas Syariat Islam, Perwakilan dari Polres Aceh Jaya , Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Kabag Kesra.

Kepala dinas syariat islam Drs. H. Abdullah sufi menyampaikan bahwa rapat koordinasi kali ini adalah membahas terkait hal teknis pada saat keberangkatan maupun pada saat jemaah haji kembali ke tanah air. 

Rapat koordinasi seperti ini penting untuk dilaksanakan, karena dalam meningkatkan pelayanan, dan perlindungan terhadap jemaah calon haji dari keberangkatan hingga penjemputan melibatkan banyak pihak dan instansi, oleh karena itu patutlah kiranya instansi terkait saling berkoordinasi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Jaya, Samsul Bahri, S.Ag menyampaikan pada tahun ini jemaah calon haji Kabupaten Aceh Jaya berangkat dalam 2 Kloter,  yakni Kloter 5 dan Kloter 12.  Jadwal keberangkatan jemaah haji yang berbeda ini memerlukan koordinasi yang baik sehingga proses keberangkatan dan penjemputan jemaah bisa berjalan dengan baik dan lancar.

"Dalam hal keberangkatan, sejak jemaah keluar dari rumah masing- masing,  pemerintah hadir dan bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan dan perlindungan bagi tamu Allah, hingga selesai melaksanakan ibadah haji dan kembali ke rumah". Demikian disampaikan Samsul Bahri yang juga menjadi petugas haji pada musim haji tahun ini.  

Mengungkap kesiapan lain, Polres Aceh Jaya dalam hal ini akan memastikan keamanan bagi jemaah selama dalam perjalanan dari daerah sampai di embarkasi haji Banda Aceh nantinya dan akan melewati rute perjalanan yang sudah di sepakati bersama.

Selain itu mengenai pelayanan kesehatan bahwa Dinas Kesehatan yang dalam hal ini menyatakan telah menyiapkan Ambulans dan team medis untuk pelayanan kesehatan jamaah haji, Pihak dinas kesehatan juga telah memberikan vaksin meningitis pada saat manasik haji bersama dan telah mendata obat - obatan untuk jemaah.

Disisi lain, Dinas Perhubungan Aceh Jaya juga telah menyatakan siap bekerjasama terutama dari segi pengawalan keberangkatan dan pada saat penjemputan kepulangan.

"Semua bidang insyaAllah sudah siap. Koordinasi dan komunikasi yang baik antar instansi terkait pelaksanaan ibadah haji sangat penting untuk terus terjaga agar pelayanan dan perlindungan jamaah menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya" demikian harap Kepala Dinas Syariat Islam sebagai penutup rapat. [] 

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW