Matahari di Atas Ka’bah, Kemenag Aceh Barat Cek Ulang Arah Kiblat

Kankemenag Aceh Barat 16-07-2019 18:12

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H Khairul Azhar, S.Ag didampingi Kasubbag Tata Usaha, Drs H Jakfar, Kara Syariah dan Kasi PAI. (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Barat)

Meulaboh (Rahmat Trisnamal) --- Selasa sore (16/7) tepatnya pukul 16.27 WIB, Matahari tepat di atas Ka’bah. Hal tersebut dimanfaatkan oleh pihak Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat untuk cek ulang arah kiblat di Mushala An-Nida Kantor Kementerian Agama setempat.

“Matahari tepat di atas Ka’bah, ini waktu sangat tepat untuk cek ulang arah kiblat,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H Khairul Azhar, S.Ag saat mengamati bayangan sebuah tiang dengan menggunaan sinar matahari.

Khairul Azhar menjelaskan, dalam melaksanakan ibadah shalat, umat Islam harus menghadap ke arah kiblat yang telah ditentukan oleh Allah SWT, yaitu menghadap ke arah Kabah.

“Kesalahan arah kiblat dapat berimplikasi sah tidaknya shalat seseorang,” tambahnya.

Sesuai dengan press realease Rahsdul Kiblat yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, fenomena matahari melintasi tepat di atas Kabah terjadi sebanyak dua kali di bulan Juli ini. Fenomena tersebut dikenal dengan istilah Istiwa A’zam atau Rishdul Kiblat.

Dalam press realease tersebut, 15 dan 16 Juli 2019 pukul 16.27 WIB / 17.27 WITA sebagai Rishdul Kiblat, di mana pada saat itu umat muslim di Indonesia dapat memastikan kembali arah kiblat yang dihadapkan saat melaksanakan ibadah shalat dengan menggunakan benda yang berdiri tegak lurus. Sehingga bayang-bayang benda tersebut akan mengarah lurus ke Ka'bah.[]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW