MOPDB MAN 1 Aceh Barat, Pesan Kasi Penmad : Banggalah Menjadi Siswa Madrasah

Kankemenag Aceh Barat 16-07-2019 10:14

Kasi Penmad Kemenag Aceh Barat Suhadi, S.Ag, saat memberikan materi pada kegiatan MOPDB di MAN 1 Aceh Barat. Senin (15/07) (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Barat)

Meulaboh (Jufrizal Muaz)---MAN 1 Aceh Barat mengadakan kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) Senin (15/07). Kegiatan yang langsung dikoordinir oleh seluruh pengurus OSIM ini dimulai sejak pukul 07.00 dengan kegiatan pemeriksaan kelengkapan atribut. Setelah semua diperiksa, pengurus OSIM yang menjadi panitia kemudian mengarahkan calon peserta didik baru yang berjumlah 363 siswa itu ke aula madrasah setempat.

Secara resmi, acara MOPDB ini dibuka pada pukul 08.00 di aula MAN 1 Aceh Barat oleh H. Cut Aswadi, M.Pd selaku Kepala Madrasah. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pesan kepada panitia agar kegiatan MOPDB tidak dijadikan ajang “plonco”.

Untuk para peserta didik Aswadi mengatakan sebagai murid baru merupakan kesempatan dan tantangan bagi kalian untuk lebih mengembangkan potensi diri. Apalagi kurikulum pendidkan formal yang selalu dilakukan inovasi dan penyempurnaan dengan pengimplementasian Kurikulum 2013 di Madrasah.

Kasi Penmad Mengisi Materi MOPDB

Sementara itu Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Aceh Barat, Suhadi, S.Ag, mewakili Kepala Kankemenag Kabupaten Aceh Barat dalam kegiatan pantauan keberapa Madrasah, berkesempatan menyampaikan materi pada MOPDB dalam arahannya beliau berpesan “Banggalah menjadi siswa madrasah, karena madrasah lebih unggul dalam mempelajari ilmu agama karena jam pelajaran agama di madrasah lebih banyak dari sekolah umum. Tentang kegiatan ekstra kurikuler, MAN 1 Aceh Barat jug punya banyak kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dikuti dan bahkan dari MAN 1 Aceh barat banyak alumni yang lulus di perguruan tinggi ternama dan sukses” demikian disampaikan Suhadi di hadapan siswa.

Lebih lanjut dikatakannya Masa Orientasi Siswa (MOS) memang perlu dilakukan untuk pengenalan siswa didik baru. Dalam pengenalan sekolah, penyampaian materi pada hari awal masuk sekolah harus memperhatikan faktor perkembangan kemampuan mental psikologis peserta didik. Perbedaan fisik dan usia harus menjadi pertimbangan tersendiri. MOS harus edukatif bukan destruktif, mewujudkan kultur sekolah edukatif dan dalam rangka implementasi dari visi dan visi Madrasah. [L]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW