Yahwa: Humas Perlu Bersinergi Dengan Media

Kankemenag Bireuen 15-07-2019 12:44

Kabag TU kanwil kemenag Aceh sedang menyampaikan materi pentingnya public relation (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Bireuen)
Banda Aceh (Farizal)-- Kepala bagian Tata Usaha (kabag TU) kanwil kemenag Aceh, H Saifuddin SE atau yang biasa disapa Yahwa, mengatakan bahwa dalam bekerja humas perlu bersinergi dengan teman-teman media lain, baik di wilayah provinsi maupun daerah kabupaten/ kota.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi salah satu pemateri pada rapat koordinasi kehumasan, yang dilaksanakan subbag inmas, kanwil kemenag Aceh di Kyriad Muraya Horel, Banda Aceh pada Senin (15/7/2019).

Sinergisitas yang dijalin tersebut, lanjutnya dalam ranhka mengekspos kegiatan-kegiatan yang dilakukan lembaga selama ini, guna diinformasikan kepada publik. Hal ini penting dilakukan dalam rangka menghalau informasi-informasi yang dapat melemahkan, bahkan menjelekkan nama lembaga, tambahnya.

Menurutnya, humas lembaga lahir salah satunya untuk membantu menginformasikan kegiatan-kegiatan dan kiprah lembaga ke publik menjadi lebih baik. Apalagi kondisi lembaga dalam beberapa tahun terakhir ini banyak mendapat sorotan media yang kurang menguntungkan.

"Di sinilah sebenarnya peran humas, bagaimana menyiasati informasi-informasi yang menyudutkan lembaga kita, menjadi informasi yang berimbang dan mencerdaskan," jelas Saifuddin yang didamping kasubbag inmas, H Muhammad Nasril Lc MA.

Karena itu  lanjut Saifuddin, sebelum adanya berita-berita buruk yang dikabarkan media tentang lembaga, baiknya humas menghadirkan berita-berita baik tentang kinerja lembaga.

"Sampaikan apa saja yang kita lakukan di lembaga, sehingga mereka (temen-teman media-red) mengerti. Saya kira teman-teman media juga tidak ingin menulis yang jelek-jelek tentang lembaga kita," ungkap Saifuddin.

Kepada kasubbag TU, tambah Saifuddin untuk lebih bekerjasama dengan teman-teman media yang ada di daerah. Ke depan, harapnya semua admin berita web harus aktif melakukan tugas dan fungsinya dan dilibatkan dalam setiap kegiatan lembaga. Sehingga tidak ada lagi "ruang tembak" bagi pihak lain untuk lembaga, pungkasnya.

Sebagaimana dikabarkan media ini sebelumnya, kegiatan rakor kehumasan diikuti oleh para kepala bidang dan admin web jajaran kanwil kemenag Aceh, kasubbag TU, serta admin web kankemanag se-aceh.
Kategori Kantor Wilayah Aceh Informasi dan Humas Informasi dan Humas Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW