Kakanwil: Humas Adalah Ujong Tombak dan Komunikator Lembaga untuk Publik

Kankemenag Aceh Barat 15-07-2019 11:56

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Barat)

Banda Aceh (Rahmat Trisnamal) --- Humas lembaga merupakan ujung tombak dalam mempublikasikan segala informasi publik dan kinerja lembaga. Humas Kemenag adalah sebagai corong informasi lembaga Kementerian Agama bagi masyarakat.


Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs H M Daud Pakeh saat membuka Rapat Koordinasi Kehumasan Kemenag Aceh di Kyriad Muraya Hotel Aceh, Senin (15/7).


Untuk mencapai tujuan kehumasan, Daud Pakeh memaparkan peran dan fungsi penting seorang humas sebagai penyeimbang informasi untuk lembaga dengan menyebutkan peran humas dibagi menjadi tiga bagian, yaitu sebagai konselor, advisor, dan interpreter suatu lembaga.


Lebih lanjut Kakanwil menjelaskan, konselor merupakan peran seorang humas bagi lembaga. Sedangkan advisor merupakan sebagai penasehat top manajer lembaga.


"Artinya, seorang humas dapat berperan sebagai konsultan dan penasehat pimpinan lembaga dalam memberikan pendapat dan pertimbangan," jelasnya.


Kemudian peran humas sebagai interpreter yaitu sebagai penerjemah kebijakan-kebijakan dari top manajemen dan dan menyerap serta menyampaikan aspirasi publik terhadap lembaga. 


"Peran humas tidak hanya menjadi Juru Bicara, namun juga sebagai komunikator lembaga, yaitu Komunikator informatif, persuasif dan komunikatif," ungkap Daud Pakeh.


Selain itu humas juga harus mampu menganalisa masalah yang terjadi di lembaga dan menjalin kerjasama antar lembaga, baik internal maupun eksternal, serta memberikan informasi yang dapat mengangkat citra baik lembaga.


Pada kegiatan tersebut turut hadir sejumlah pejabat eselon 3 dilingkungan Kanwil Kemenag Aceh, Kasubbag TU Kankemenag Se-Aceh, Kasubbag di lingkungan Kanwil dan para Admin Website Kemenag Aceh.


Usai pembukaan dan paparan materi Kakanwil, narasumber selanjutnya yaitu Kepala Bagian Tata Usaha dan Kepala Sub Bagian Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Aceh. []

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW