51 Jamaah Calon Haji Sabang Dipeusijuek

Kankemenag Sabang 11-07-2019 22:12

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Sabang)

Sabang (Vic/Rizal) --- Sebanyak 51 orang Jamaah Calon Haji asal Kota Sabang dipeusijuek oleh ketua MPU kota Sabang Tgk M Yakob, tokoh adat serta tokoh masyarakat Kota Sabang. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sabang Drs Suradji Junus, Kakan Kemenag Kota Sabang beserta jajarannya, Forkopimda dan SKPK serta masyarakat Kota Sabang.

Prosesi peusijuek dilakukan pada Kamis (11/07/2019) di Masjid Agung Babussalam, Sabang.  Sebelumnya dalam pelaksanaan manasik haji, seluruh jamaah calon haji telah mendapatkan pembekalan tentang berbagai hal terkait pelaksanaan ibadah haji 1440 H yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kota Sabang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sabang dalam laporannya menyampaikan "Kuota awal ada 38 orang, tapi kita mendapat kuota tambahan sebanyak 13 orang sehingga total kuota haji Kota Sabang di tahun 2019 ini ada 51 jamaah calon haji, dan terbagi dalam dua kloter," Kata Kakan Kemenag.

Dalam arahannya, Wakil Walikota Sabang turut berpesan, selama menunaikan Rukun Islam yang kelima, para Calon Jamaah Haji untuk kompak bersama jamaah lainnya. Namun tetap berhati-hati ketika Thawaf mengingat fisik kita orang Asia cenderung lebih kecil. Beliau juga meminta para jamaah menjaga sikap dan perilaku selama di Tanah Suci nantinya.

“Pemberangkatan Jammah Calon Haji Sabang kloter I tanggal 18 Juli 2019 pukul 06.00 WIB. InsyaAllah pada hari sabtu tanggal 20 Juli 2018 pukul 20.00 WIB akan berangkat ke tanah suci melalui bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh. Sementara untuk Jamaah Calon Haji Sabang kloter 12 akan diberangkatkan tanggal 2 Agustus 2019 dan akan terbang menuju Arab Saudi tanggal 4 Agustus 2019 pukul 10.55 WIB.” Tambah  Marzuki.

Pada peusijuek ini, tercatat Calon Jamaah Haji tertua bernama Kadi Sabil Gani berusia 79 tahun dari kecamatan Sukakarya. Sedangkan Calon Jamaah Haji termuda atas nama Intan Sukma Janiri yang berusia 20 tahun dari kecamatan Sukajaya Kota Sabang.

Calon Jamaah Haji tertua yaitu Kadi Sabil Gani mengaku meski sudah berusia lanjut, dia tetap bersemangat melaksanakan rukun Islam kelima itu. "Iya, saya sangat bersemangat, apalagi jika nanti sudah berada di sana tanah suci. Dengan semangat inilah Insya Allah saya bisa melaksanakan ibadah dengan sempurna khususnya saat di Ka'bah," katanya.[]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW