CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

DWP Kemenag Aceh Barat Gelar Pelatihan Suson Ranup Pengantin

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 560
Kamis, 11 Juli 2019
Featured Image

Meulaboh (Rahmat Trisnamal) --- Dharma Wanita Persatuan(DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat menggelar pelatihan Suson Ranup (Merangkai Sirih) pengantin,Kamis (11/7) di Mushalla An-Nida Kantor Kementerian Agama setempat.

Pelatihan yang dilaksanakan selama sehari tersebut diikutioleh DWP lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat.

Ketua DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat,Erna Marningsih, S.Ag menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatanrutinitas bulanan yang dilaksanakan oleh DWP Kantor Kementerian Agama KabupatenAceh Barat untuk menjalin dan memperkuat ikatan silaturrahmi.

Lebih lanjut Erna menjelaskan, selain menjalin hubungansilaturrahmi, pertemuan tersebut juga bertujuan untuk berbagi informasi,pengalaman, serta pengetahuan kepada sesama DWP Kementerian Agama Kabupaten AcehBarat.

“Pelaksanaan kegiatan bulanan dilakukan secara bergiliran disetiap satuan kerja lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat,”ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten AcehBarat, H Khairul Azhar, S.Ag mengapresiasikan kegiatan yang dilaksanakan olehDWP Kantor Kementerian Agama tersebut. Menurutnya, kegiatan merangkai sirihtersebut sudah banyak ditinggalkan oleh masyarakat, bahkan sangat jarang yang bisamembuatnya.

Khairul berharap, usai pelaksanaan pelatihan tersebut, parapeserta dapat mempraktekkannya kembali serta dapat mewarisi pengetahuantersebut kepada generasi muda, sehingga kegiatan tradisional Aceh tersebut  tidak hilang dari tanah rencong.

Selain itu Khairul berpesan, di setiap pertemuan bulananyang dilakukan DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat tidak hanyasekedar melakukan siaturrahmi, akan tetapi juga diiringi dengankegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan dan pengetahuan untukpengembangan diri.

“Walaupun kegiatannya sederhana, tapi yang penting mempunyaihikmah dan manfaat yang lebih baik,” tutupnya.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh