Pengukuran Perbaikan Arah Kiblat Masjid Sabilul Muhthadin Jaboi Sabang

Kankemenag Sabang 02-07-2019 16:59

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Sabang)

Sabang (Vic/ Anjayatama) --- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sabang Drs Marzuki didampingi oleh Kepala Seksi Bimas Islam, Penyelenggara Syariah, Kepala Seksi Haji dan Umra serta tenaga operator alat kalibrasi pengukuran arah kiblat, Taufiq Hidayat S Ag dan Anjayatama S Th I, melakukan pengukuran arah kiblat guna memperbaiki arah kiblat pada Masjid Sabilul Muhthadin Gampong Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang, Selasa (02/07/2019).

Kegiatan ini didasari oleh surat permohonan Keuchik (lurah) Gampong Jaboi atas dasar kesepakatan bersama antara pengurus gampong dengan masyarakat. Imam Masjid Gampong Jaboi berterima kasih atas kehadiran Tim Pengukur Arah Kiblat dari Kemenag Sabang.  

“Kami Pak Kemenag merasa senang dengan kehadiran bapak-bapak kemari memenuhi undangan kami guna melakukan pengukuran kembali arah kiblat yang kami anggap salah atau sedikit serong dari arah sebenarnya. Untuk itu kami undang pihak Kemenag Sabang guna meluruskan arah kiblat di Masid ini. Kami masyrakat sudah dapat memahami tentang cara pengukuran arah kiblat yang benar sesuai ilmu yang berlaku. Insyaallah kami masyarakat Gampong Jaboi dapat menerima hasil pengukuran arah kiblat yang akan dilakukan Kankemenag Sabang.” Harapan Imam Masjid Jaboi Tgk Mahdi Umar.

Selanjutnya Kepala Kankemenag Sabang Drs Marzuki ikut mrnjrlaskan, “ Hari ini bahkan sudah ada alat yang lebih canggih dari pada alat yang kami bawa kemari untuk mengukur arah kiblat. Itu bisa kita dapatkan di Gedung Observatorium Tgk Chik Pantee Kulu Lhoknga Aceh Besar milik Kementerian Agama. Setelah diuji oleh mereka ternyata alat ini cocok dan benar. Artinya memang alat ini tidak diragukan lagi untuk mengukur rah kiblat dengan tepat.” Urai Marzuki panjang lebar di hadapan warga Gampong Jaboi.

Kegiatan pengukuran arah kiblat ini selain disaksikan oleh wrga Ganpong Jaboi  turut juga disaksikan oleh rombongan Mahsiswa KKN Universitas Syah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh yang kebetulan sedang melakukan kegiatan KKN di Gampong Jaboi.

Setelah dilakukan pengukuran arah kiblat didapati ada selisih sekitar 6 derajat dari arah kiblat yang sebenarnya. Sebelumnya arah kiblat masjid Sabilul Muhtadhin berada pada posisi 286 derajat. Setelah pengukuran didapati arah kiblat yang benar yaitu  292 derajat, 00 menit, 28 detik. Akhirnya masyarakat dapat menyepakati arah kiblat baru yang benar.[]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW