Manasik Haji Aceh Tamiang : Mat Budin Jamah Tertua

Kankemenag Aceh Tamiang 02-07-2019 09:59

Mat Budin (tengah) Foto Bersama dengan Pengurus IPHI Aceh Tamiang dengan Latar Belakang Jamaah yang Mengikuti Manasik (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Tamiang)

Karang Baru (Muhammad Sofyan) -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa (2/7) menyelenggarakan Manasik Haji tingkat Kabupaten Aceh Tamiang di Aula Al-Ikhwan dengan tema "Memantapkan Manasik Mencapai Haji Mabrur."

Di sela- sela kesibukannya, H. Mursil, SH, MKn, Bupati Aceh Tamiang menyempatkan diri menghadiri sekaligus membuka kegiatan tersebut. Dalam amanatnya yang singkat tanpa membaca teks yang telah disediakan, ia mengingatkan jamaah untuk banyak bersyukur atas terpilihnya menjadi Calon Tamu Allah dari sekian juta orang yang telah mendaftar. Mursil juga mengingatkan agar jamaah jangan memikirkan oleh-oleh agar fokus pada ibadah dan memperbanyak membaca Alquran terutama di Tanah Suci nantinya dan jangan menyibukkan diri dengan HP.

Sementara itu, dalam laporannya Drs. H. Hasan Basri, MM menyampaikan bahwa Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh Tamiang berjumlah 113 orang termasuk 2 orang yang Mutasi dari Sumatera Utara.

Dari laporan tersebut diketahui juga JCH tertua berusia 99 tahun atas nama Mat Budin bin Abdul Latif dari Kampung Juar Kecamatan Sekerak.

Mat Budin dengan Nomor Porsi 79313 yang mendaftar pada tanggal 1 Mei 2012 seharusnya baru berangkat tahun 2023, Alhamdulillah ia satu-satunya jamaah usulan lansia yang lulus dari 22 pemohon dari Tamiang. Awalnya Mat Budin tergabung dalam Kloter 12, dan hanya 1 orang dari Tamiang, dikarenakan di Kloter 7 (Aceh Tamiang tergabung dalam Kloter ini) ada 1 orang JCH yang mengundurkan diri dengan alasan Uzur maka Mat Budin akhirnya digabungkan ke kloter 7.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW