Bupati Bener Meriah Membuka Manasik Haji Tingkat Kabupaten

Kankemenag Bener Meriah 01-07-2019 12:41

foto manasik tingkat kabupaten (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Bener Meriah)

Redelong (Inmas Kemenag BM) – Setelah selesai  melakukan Manasik Tingkat Kecamatan pada tanggal 24 sampai 29 Juni 2019 yang lalu para Calon Jamaah Haji asal Bener Meriah lanjut mengikuti Manasik Haji Tingkat Kabupaten yang bertempat di Aula Kankemenag Kabupaten setempat, Senin 01/07.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menyampaikan, agar para calon jamaah haji yang mengikuti manasik haji agar dapat memanfaatkan kegiatan bimbingan tersebut dengan baik.

Tgk. H. Sarkawi juga mengingatkan, agar calon jamaah haji Bener Meriah dapat menjaga kesehatan dengan baik, “biasanya kendala yang kita hadapi adalah masalah cuaca, karena kita sudah terbiasa tinggal di daerah dingin, maka dari itu kita harus benar-benar menjaga kondisi tubuh dengan baik.”pintanya.

Disisi lain orang nomor satu di Kabupaten Bener Meriah itu juga berpesan, mudah-mudahan dengan seringnya diberi penjelasan terkait haji, maka para calon jamaah haji lebih dapat memahami dan lebih mengerti hal apa saja yang akan dilaksanakan selama berhaji nantinya.”Mudah-mudahan semakin diberikan penjelasan maka semakin jelas.”ujar Tgk. H. Sarkawi.

Bupati Bener Meriah itu merencanakan pelepasan calon jamaah haji tahun ini akan dilepas bersama dan di hadiri juga oleh para jamaah haji tahun lalu.

Sebelumnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah Saidi B. S.Ag, MA dalam laporannya menyampaikan, kegiatan bimbingan manasih haji tingkat kabupaten akan dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 1 dan 2 Juli 2019.

Saidi menambahkan, masyarakat Bener Meriah yang akan berangkat haji tahun ini sebanyak 82 orang yang terbagi dalam dua keloter. “Pada keloter 3 jamaah calon haji sebanyak 77 orang, dan tambahan calon haji di keloter 12 sebanyak 5 orang. Rincian, dari Kecamatan Permata ada 10 calhaj, 5 laki-laki dan 5 perempuan. Bener Kelipah 5 orang, 2 laki-laki dan 3 perempuan. Bandar 17 orang, 8 laki-laki dan 9 perempuan. Bukit 18 orang, 8 laki-laki dan 10 perempuan. Wih Pesam 8 orang, 3 laki-laki dan 5 perempuan. Timang Gajah 13 orang, 6 laki-laki dan 7 perempuan. Gajah Putih 3 orang, 2 laki-laki dan 1 perempuan,”terang Kepala Kamanag Bener Meriah itu.

sementara untuk Kecamatan Pintu Rime Gayo, jamaah calon haji tahun ini berjumlah 1 orang, calon jamaah haji itu akan di berangkatkan pada tahab kedua pada keloter 12. “Untuk Kecamatan Syiah Utama dan Mesidah tahun ini belum berangkat untuk tahun ini.”kata Kepala Kamanag Bener Meriah itu.

Lebih lanjut Saidi menambahkan bahwa keloter 3 meliputi beberapa kabupaten /kota di Aceh, untuk Kabupaten jamaahnya sebanyak 77 orang, Aceh Tengah 122 orang, Gayo Lues 56 orang, Aceh Tenggara 78 orang, Nagan Raya 35 orang, dan Subulussalam 6 orang, total jumlah calon jamaah haji sebanyak 398 orang ditambah 5 orang petugas dan 3 orang pendamping jaah haji.

Terkait keberangkatan calon jamaah, Saidi menerangkan, semula direncanakan jamaah berangkat tanggal 26 Juli 2019 jadwal terbang, dengan demikian tanggal 25 jamaah sudah masuk asrama haji. “Karena ada perobahan jadwal keberangkatan di majukan satu hari, yaitu tanggal 24 Juli 2019 jamaah Bener Meriah akan berangkat ke Embarkasi Banda Aceh, tanggal 25 akan diberangkatkan ke tanah suci.” Demikian penjelasan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah Saidi, B. S.Ag, MA(Sy)


Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW