Pembukaan manasik haji, Wabup Aceh Selatan ingatkan jamaah untuk jaga kesehatan

Kankemenag Aceh Selatan 27-06-2019 12:27

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Selatan)

Tapaktuan (Dedi Armansyah) --- 142 Jamaah calon haji (jch) yang terdiri dari 55 pria dan 87 wanita, yang tergabung dalam kloter 10 dan 11 dalam Kabupaten Aceh Selatan mengikuti pembukaan manasik tingkat kabupaten, kamis (27/6).

Pembukaan manasik haji tahun 2019 dibuka langsung oleh wakil bupati Aceh Selatan Tgk Amran didampingi kepala bagian Humas Pemkab Aceh Selatan, di Masjid Agung Istiqamah kota naga Tapaktuan. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Selatan Rislizar Nas S Ag,  ketua kelompok terbang (kloter) 10, Juhaimi Bakri S Ag yang juga Kepala seksi kelengkapan dokumen pendaftaran dan pembatalan haji di Bidang Haji dan umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, pembimbing ibadah haji kloter 10, H M Suryadi Anwar S Ag, tenaga kesehatan haji Indonesia (TKHI) kloter 10, Dwinta Maulina, Kepala Subbag Tata Usaha Kankemenag Aceh Selatan, seluruh pimpinan Bank, para Kepala seksi dan penyelenggara syariah serta para Kepala KUA Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan. 

Kegiatan manasik haji ini akan dilaksanakan selama 10 hari, 2 hari dilaksanakan di Kabupaten yaitu manasik pembukaan yang dilaksanakan hari ini dan manasik penutupan yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 juli 2019 nanti di tempat yang sama, dan di Kecamatan selama 8 hari pada masing masing tempat yang telah ditentukan sesuai dengan banyaknya jumlah jamaah dalam kecamatan tersebut, yaitu di Kecamatan Meukek, mencakup Kecamatan Labuhanhaji barat, Labuhanhaji tengah, Labuhanhaji timur, dan Meukek. Kemudian Kecamatan Tapaktuan mencakup Sawang,  Samadua, Tapaktuan dan Pasieraja, dan Kecamatan Kluet Utara mencakup Kluet Selatan, Kluet timur, Kluet tengah, Bakongan, Bakongan Timur, trumon dan Trumon timur, jelas ketua panitia yang juga Kepala seksi penyelenggara Haji dan umrah Aljabar Fauzi S Ag, dalam laporannya.

Kakankemenag Aceh Selatan dalam sambutannya, menyampaikan kepada seluruh calon jamaah haji, agar tetap bersyukur atas kesempatan yang diberikan oleh Allah dalam memenuhi panggilanNya untuk menunaikan rukun islam yang kelima ini, dimana dalam penantian yang panjang dan lama ini tentu ada saudara saudari kita yang mungkin meninggal dan membatalkan keberangkatannya, sehingga tidak dapat menunaikan ibadah haji dan manasik bersama kita pada hari ini. 

Ibadah haji ini unik, ungkap Kakankemenag, dimana pelaksanaan ibadah haji ini dapat melibatkan banyak lembaga/ kementerian dalam proses perjalanannya, mulai dari pendaftaran, pelunasan, bimbingan, keberangkatan, sampai pemulangan, itu semua tidak terlepas dari kerjasama semua lembaga dan kementerian.

Oleh karena itu Kementerian Agama terus berbenah diri dalam proses pelayanan ibadah haji dan menciptakan kebijakan kebijakan baru yang lebih baik sehingga pelayanan ibadah haji baik itu di tanah air maupun di Arab Saudi akan bertambah baik. 

Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran dalam arahan dan bimbingannya sekaligus membuka kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten Aceh Selatan tahun 2019 mengingatkan kepada seluruh calon jamaah haji untuk menjaga kesehatan dan dapat melaksanakan rukun haji yang sempurna, sehingga menjadi haji yang mabrur dan mabrumah. 

Selaku pemerintah daerah Kabupaten Aceh Selatan, Tgk Amran menyampaikan akan menyediakan tempat istirahat untuk para calon jamaah haji nanti ketika berada di Banda Aceh setelah diantarkan dari Kota Tapaktuan sebelum langsung masuk ke asrama haji embarkasi Aceh, ungkapnya. 

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW