CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Siswa MAN 2 Aceh Besar Ikuti Ujian Semester Barbasis IT

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 415
Kamis, 20 Juni 2019
Featured Image

Kota Jantho (Burhan)---Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN 2) Aceh Besar Drs. H. Burhanuddin, didampingi Waka Kurikulum Fadhil Ahmadi, S.Pd.I, M.Ed, Rabu(19/6) monitoring dan evaluasi pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) berbasis Komputer/android untuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Pelaksanaan PAT ini dimulai sejak hari Rabu tanggal 12 Juni 2019 sampai dengan Rabu 19 Juni 2019.

Kepala MAN 2 Aceh Besar menerangkan bahwa, pola ujian berbasis Komputer ini merupakan bagian dari inovasi pembelajaran abad 21 dalam menyongsong era revolusi industri 4.0 dan juga bagian dari literasi digital. Kelebihannya pelaksanaa ujian model ini adalah bersifat efisien, efektif dan berintegritas dan yang terpenting adalah bisa meminimalisir kecurangan karena soal di acak otomatis oleh sistem.

Wakamad bidang Kurikulum MAN 2 Aceh Besar Fadhil Ahmadi, S.Pd.I, M.Ed mengatakan bahwa ujian kali ini berbeda pelaksanaannya dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Ujian berbasis komputer yang dilaksanakan tahun ini diupayakan untuk melatih siswa kepada pembentukan nilai kejujuran dan integritas diri, papar Fadhil.

Tahun ini, siswa kelas X dan kelas XI yang mengikuti ujian berbasis IT ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) mata pelajaran dalam satu hari dengan ketentuan bahwa siswa boleh  memilih mata pelajaran yang telah dijadwalkan setiap harinya dan bebas memilih mata pelajaran  mana yang duluan mau di selesaikan ujiannya.

Sementara itu, waktu yang disediakan untuk masing-masing siswa saat mengikuti ujian maksimal 90 menit. Ujian dilaksanakan sebanyak 2 sesi per hari untuk setiap jenjang kelas, dan siswa di beri kebebasan memilih menggunakan android atau laptop/komputer.

Hasil amatan, selama pelaksanaan ujian hari pertama  berjalan lancar dan respon siswa sangat senang dan antusias karena merasa lebih enjoy dengan ujian yang berbeda dibandingkan dengan sebelumnya.

Hebatnya lagi, selesai ujian berlangsung siswa dapat mengetahui nilai yang diperolehnya pada hari itu juga dan dapat pula diketahui soal mana yang benar dijawab atau salah.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh