CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Jadi Pemateri Manasik Haji di Muara Batu, Ini Penjelasan Kakankemenag

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 535
Selasa, 18 Juni 2019
Featured Image

Lhoksukon (Masnoer)---Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Aceh Utara H. Salamina MA memberikan materi pada acara manasik haji yang diselenggarakan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Muara Batu di Masjid Al-Izzah Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara. Selasa (18/6)

Hadir sebagai pemateri Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Aceh Utara H. Salamina, MA memberikan materi dengan judul Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Dalam materi tersebut H. Salamina mengatakan bahwa memberikan pembinaan dan pelayanan bagi jama’ah haji merupakan kewajiban pemerintah setempat, dimana Kemenag sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk langsung menangani kegiatan haji, agar jama’ah bisa menjalankan ibadah haji dengan sempurna.

“Ada beberapa poin pokok kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan ibadah haji, seperti terkait dengan pelayanan transportasi, akomodasi dan konsumsi sampai ke pemondokan itu kebijakan pemerintah. Termasuk juga pembinaan untuk bimbingan manasik, pembinaan untuk mental, pembinaan untuk hal-hal yang berkaitan dengan penyelesaian administrasi dari mulai pembinaan ibadah yang berlaku di tanah air, di asrama haji, di tanah suci sampai pulang ke Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Kepala KUA Muara Batu Lukmal Hakim Yahya, S.Ag menjelaskan Tahun ini, ada 45 orang calon jamaah haji yang bergabung di Masjid Al-Izzah Muara Batu.

"Mereka bukan hanya berasal dari Kecamatan Muara Batu saja, sebagian calon jamaah haji ada yang berasal dari Kecamatan sawang yang berjumlah 24 JCH. Kegiatan bimbingan manasik haji ini berlangsung selama enam hari dimulai Senin 17 Juni 2019 hingga Minggu 23 Juni 2019," paparnya.

Ia melanjutkan, selama mengikuti bimbingan manasik haji, para calon jamaah haji akan diajari banyak hal tentang pelaksanaan ibadah haji. Mulai dari cara shalat dalam perjalanan, cara berpakaian ihram, syarat wajib dan rukun haji, cara tawaf, sa’i, melempar jumrah dan lainnya, jelas Kepala KUA.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh