CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

535 JCH Aceh Besar Ikuti Manasik

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 367
Senin, 17 Juni 2019
Featured Image

Aceh Besar (Akmal)--Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Aceh Besar H Abrar Zym menjelaskan, untuk tahun 2019, jumlah jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Aceh Besar sebanyak 535 orang, masing-masing terdiri 208 orang laki-laki dan 327 orang perempuan. Sedangkan daftar tunggu (waiting list) calon haji Aceh Besar hingga 14 Juni 2019 sebanyak 10.393 orang.

Hal tersebut disampaikan Abrar Zym di hadapan para calon tamu Allah SWT pada manasik haji tingkat Aceh Besar di Masjid Al-Faizin Lampeuneuruet, Kecamatan Darul Imarah, Senin (17/6/2019).

Hadir dalam kesempatan itu, unsur Forkopimda, Ketua MPU Aceh Besar TGk Muchsalmina A Wahab, para kepala OPD, Muspika Darul Imarah, para kepala KUA Kecamatan se-Aceh Besar, dan tokoh-tokoh masyakat.

Dijelaskannya, JCH termuda asal Aceh Besar tahun ini bernama Muhammad Rifqi Saifullah (21 tahun ) asal Desa Barabung Darussalam dan JCH tertua Ishak Hamid Sulaiman (94 tahun) dari Desa Tungkop Kecamatan Darussalam. JCH tersebut terbagi dalam beberapa Kloter, di antaranya Kloter 02 BTJ, 04 BTJ, 05 BTJ, Kloter 8 BTJ, dan Kloter 09 BTJ.

Kegiatan manasik haji tersebut dibuka langsung Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali mengemukakan, para JCH yang beberapa pekan mendatang akan menunaikan rukun Islam kelima ke Tanah Suci harus mempersiapkan diri secara baik, sehingga dapat memperoleh predikat haji mabrur.

“Pasangkan niat yang tulus semata-mata untuk beribadah di Tanah Suci. Jaga juga nama baik daerah, kekompakan, dan kesehatan supaya dapat menjalankan ibadah haji secara sempurna,” pesan Mawardi Ali.

Haji, menurut Bupati Aceh Besar, merupakan panggilan mulia dari Ilahi, sehingga setiap JCH hendaknya memperbanyak doa di tempat-tempat istijabah saat berada di Tanah Suci. Melaksanakan haji merupakan kesempatan mulia yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh setiap JCH untuk selalu meningkatkan amal ibadah. “Mudah-mudahan seluruh JCH sehat dan dapat menggapai predikat haji mabrur,” tambahnya.

Setelah pembukaan manasik oleh Bupati Aceh Besar, materi sesi pertama diisi oleh Kakanwil Kemenag Aceh Drs H M Daud Pakeh dengan materi “Kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji”.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh