CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kerjasama dengan UIN Ar-Raniry, Kemenag Aceh Barat Gelar Diklat Perpustakaan

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 807
Senin, 22 April 2019
Featured Image

Meulaboh (Rahmat Trisnamal) --- Kantor Kementerian Agama KabupatenAceh Barat bekerjasama dengan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas IslamNegeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan Diklat Pengelolaan Perpustakaan Sekolahuntuk Guru Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Aceh Barat, Senin (22/4).

Kegiatan yang dilaksanakan hingga 25 April 2019 tersebutdibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H KhairulAzhar, S.Ag di Aula MAN 1 Aceh Barat.

Turut hadir Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry,Dr. Fauzi Ismail, M.Si. Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan, Nurhayati Ali Hasan, M.Lis. Kasubbag Tata Usaha KantorKementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Drs. Jakfar dan Kepala Seksi PendidikanAgama Islam, Iswandi, S.Pd.I.

Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Iswandi, S.Pd.I saatmemberikan laporan panitia mengatakan, diklat tersebut diikuti oleh 52 GuruPendidikan Agama Islam tingkat SD, SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Aceh Barat.

Iswandi menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikanpemahaman tentang cara pengelolaan perpustakaan kepada Guru Pendidikan Agama Islamyang mengambil jam tambahan sertifikasi sebagai kepala perpustakaan.

“Sertifikat pada diklat ini sebagai pelengkap administrasi tunjangansertifikasi guru. Selain itu Insyaallah sertifikat pada Diklat Keperpustakaanini juga dapat membantu pencapaian akreditasi dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adabdan Humaniora, Nurhayati Ali Hasan, M.Lis menjelaskan, sesuai dengan undang-undangkeperpustakaan nomor 43 tahun 2007, perpustakaan di sekolah harus dikekola denganberbasis teknologi informasi dan komunikasi.

“Dengan demikian, jika pengelola perpustakaan tidak mempunyaikompetensi tersebut, maka hal itu menjadi tenggungjawab kita dalam melatih pengelolaperpustakaan di sekolah yang ada,” ungkapnya.

Selain itu Nurhayati menambahkan, seorang pengelolaperpustakaan harus memiliki enam kompetensi, yaitu kompetensi Pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi, kompetensi manajerial, komptensiPendidikan, kompetensi sosial, kompetensi pengembangan profesi dan kompetensikepribadian.

“Karena anak sekarang merupakan generasi milenial, maka kitajuga harus menjadi bagian dari mereka, supaya kita tidak ketinggalan zaman,”ungkapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H KharulAzhar, S.Ag mengucapkan terimakasih atas terlaksananya acara tersebut dengan baik.

Khairul mengatakan, sebelumnya pihaknya juga telahmelaksanakan Diklat serupa untuk guru madrasah di lingkungan Kantor KementerianAgama Kabupaten Aceh Barat untuk meningkatkan pengetahuan terhadap pengelolaanperpustakaan dengan baik.

Dalam prakteknya, guru yang dipercayakan sebagai pengelolaperpustakaan di sekolah masih banyak mengalami kendala dalam mengelolaperpustakaan. Dengan demikian, diklat tersebut mampu mendorong  untuk mengembangkan kemampuan seorang gurudalam mengelola serta mengembangkan teknologi di perpustakaan sekolah.

“Perpustakaan adalah jantungnya sekolah, maka jadikanlahmembaca sebagai hobi, serta kembangkan perpustakaan tersebut dengan baik,” ucapKhairul saat membuka acara.

Khairul berharap, selain menjadi pelengkap administrasi sertifikasi,diklat ini juga menjadi salah satu wadah pengembangan ilmu yang dapatditerapkan untuk peningkatan mutu Pendidikan di sekolah.

Diakhir kegiatan, pihak Kantor Kementerian Agama KabupatenAceh Barat dengan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry melakukanpenandatanganan MoU Program Pendidikan dan Pelatihan dalam Bidang Perpustakaan.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh