CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

MAN 2 Aceh Selatan Lepaskan 64 Murid

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1756
Kamis, 11 April 2019
Featured Image

Tapaktuan (Dedi Armansyah )-- Madrasah Aliyah Negeri (MAN)  2 Aceh Selatan melepaskan 64 siswa siswi kelas XII yang sudah menyelesaikan ujiannya di aula Kantor Camat Kecamatan Suaq Bakong , Kamis(11/4).

Rangkaian kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan acara tersebut, dimulai dari tari ranup lampuan, seudati, menyanyikan hymne guru dan tarian lainnya memecahkan suasana gedung. 

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Selatan dalam hal ini dihadiri oleh Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD. Pontren) Khairuddin S Ag MA, turut juga hadir dalam acara tersebut seluruh orang tua dan wali murid kelas XII, komite Madrasah dan juga muspika plus Kecamatan Suaq Bakong.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Aceh Selatan, Drs Mohd Din menyampaiakan jumlah siswa siswi angkatan 20 tahun ajaran 2018/2019 yang dilepaskan dan diserahkan kembali kepada orang tuanya hari ini berjumlah 64 orang, terdiri dari 18 siswa dan 46 siswi. 

Pada kesempatan itu, Mohd Din mengingatkan kepada siswa siswi nya agar memperhatikan beberapa hal untuk menggapai mimpi dan mencapai tujuan,  yang pertama adalah tentukan target dan tujuan hidup kita kearah mana, karena kesuksesan iti tidak datang begitu saja, tetapi kesuksesan merupakan proses yang terjadi dari berbagai peristiwa yang kita jalani. Kedua jangan takut bermimpi dan yang ketiga, tentukan nilai diri atau kapasitas diri, karena setiap individu memiliki karakter yang berbeda, sehingga orang yang sukses adalah mereka yang mampu mengembangkan karakternya, ungkapnya. 

Dalam arahannya mewakili Kakankemenag , Khairuddin S Ag MA menyampaikan siswa siswi yang baru dilepaskan atau diserahkan kepada orang tuanya ini hendaknya dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap Madrasah yang baru ditinggalkan dengan terus melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi, ke universitas universitas di seluruh Indonesia, dan dapat menggantikan posisi guru gurunya nanti setelah sukses. 

Beliau juga mendoakan agar seluruh siswa siswi yang telah lulus tahun ini bisa menjadi menteri di Negara ini, bisa menjadi gubernur, bisa menjadi bupati, tuturnya dengan disambut aamiin oleh seluruh hadirin. 

Beliau menambahkan, "ada beberapa tipe pendidikan sekarang, ada pendidikan umum, ada pendidikan berbasis agama serta ada pendidikan agama dan keagamaan, maka beruntunglah bapak ibu sekalian yang mendidik anak anaknya di madrasah, karena di madrasah pendidikan berbasis agama, setidaknya ada 5 mata pelajaran yang diajarkan di madrasah ini dan tidak diajarkan di sekolah umum, yaitu pelajaran Bahasa Arab, Aqidah Akhlak, Al Qur'an dan Hadits, sejarah islam, dan Fiqh", ungkapnya.

Terakhir beliau berpesan kepada siswa siswi untuk terus menjaga karakter diri sebagai karakter bangsa, baik kepada orang tuanya, baik kepada masyarakat dan juga baik kepada guru, karena "orang yang paling baik itu adalah orang paling ingat dan baik kepada gurunya".

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh