CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Perkuat Kapasitas, Calon Petugas Haji Lakukan Simulasi Kasus

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 485
Sabtu, 23 Maret 2019
Featured Image

Banda Aceh (Rusli/Inmas)---Pelaksanaan Pelatihan/Pembekalan Terintegrasi Petugas yang Menyertai Jamaah Haji (TPHI, TPIHI dan TKHI) telah berlangsung 6 hari, dimulai sejak Senin 18 Maret lalu. 

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh dan berlangsung mulai 18 hingga 27 Maret mendatang di Asrama Haji Embarkasi Aceh Banda Aceh.

Dalam pembekalan 55 orang petugas yang akan menyertai jamaah haji tahun 2019 ini, tidak hanya dibekali dengan berbagai aturan di Indonesia maupun di Arab Saudi. Tetapi petugas juga diberikan berbagai bentuk penyelesaian kasus yang terjadi selama pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi maupun sebelum berangkat ke Tanah Suci.

"Materi-materi ini memang sengaja kami padukan dengan diskusi dan simulasi, sehingga peserta memahami dengan baik semua pelayanan dan penyelesaian kasus yang terjadi nantinya," ungkap Panitia Pelaksana H. Azhar Abdullah, MA. 

Lebih lanjut Azhar menjelaskan bahwa para petugas dituntut untuk siap dan memiliki komitmen untuk melaksanakan tugasnya sebagai pelayan tamu Allah sehingga dalam penyajian materi juga disisipi dengan berbagai kegiatan sebagai penguatan kedisiplinan dan komitmen seperti diberikan telur untuk dijaga selama pelatihan agar tidak pecah. 

Pelatihan terintegrasi petugas kloter tidak hanya berpengaruh positif terhadap kebersamaan dalam pelaksanaan tugas tetapi juga dapat saling belajar. 

"Tujuannya untuk menyamakan persepsi sesuai SOP yang ditetapkan pemerintah dalam melayani jamaah haji di Arab Saudi," kata Panitia dari Kantor Kesehatan Pelabuhan, dr. Maya Sopia.

Diharapkan setelah selesainya pelatihan terintegrasi dan terbaginya kloter, para petugas dapat langsung bergabung dengan jamaah kloternya untuk bersilaturrahmi sekaligus membangun komunikasi yang baik, sehingga petugas dan jamaah dapat berkerjasama dengan baik untuk suksesnya pelaksanaan ibadah haji.[SY]

Tags: # info
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh