CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Bireuen Gelar Sosialisasi Akreditasi Madrasah

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 820
Rabu, 20 Maret 2019
Featured Image
Bireuen (Farizal)—Kantor kemenag Bireuen menggelar kegiatan sosialisasi akreditasi sekolah/ madrasah tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan di aula kankemenag Bireuen pada Rabu (20/3/2019) diikuti 29 kepala madrasah tingkat MI, MTs, dan MA di lingkungan kankemenag setempat.
Adapun ke 29 kepala madrasah tersebut terdiri dari 13 kepala madrasah tingkat MI, tiga kepala madrasah tingkat MTs, dan 13 kepala madrasah tingkat MA. Dari 29 madrasah itu, 25 madrasah di antaranya merupakan madrasah yang akan berakhir masa akreditasinya pada akhir tahun 2019 ini. Sementara empat madrasah lainnya belum terakreditasi.
Pada kegiatan sosialisasi tersebut, menghadirkan nara sumber dari Koordinator Pelaksana Akreditasi (KPA) –dulu disebut Unit Pelaksana Akreditasi (UPA)-- sekolah/ madrasah kabupaten Bireuen yaitu M Thaleb SPd, Mukhtar Abdullah SPd, dan Jahallim Solin SAg MA.
Ketua KPA, M Thaleb SPd yang didampingi nara sumber lainnya dan kasi pendidikan madrasah (pemnad) kankemenag Biruen, Azhary MPd dalam paparannya menjelaskan bahwa madrasah harus segera menyiapkan Daftar Isian Akreditasi (DIA) sebelum tim asesor akreditasi melakukan visitasi ke lapangan.
M Thaleb juga menjelaskan rangkaian kegiatan dan waktu pelaksanaan akreditasi sekolah/ madrasah, mulai dari rapat koordinasi daerah, sosialisasi pengisian DIA-SISPENA, pembekalan asesor, dan resertifikasi asesor, yang sudah-sedang-akan dilaksanakan dalam bulan Maret 2019.
Berikutnya pada bulan April 2019 akan dilaksanakan audit DIA tahap pertama, supervisi pelaksanaan akreditasi tahap pertama, mapping asesor tahap pertama, yang kemudian dilanjutkan dengan visitasi tahap pertama, jelas M Thaleb.
Tahapan selanjutnya, kata M Thaleb akan dilaksanakan diklat asesor baru, validasi hasil verifiakasi dan rekomendasi hasil penelitian tahap pertama. Untuk selanjutnya akan dilakukan audit terhadap DIA tahap kedua. Demikian jelas M Thaleb.
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh