CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Santri Dayah Babussalam Ikut UN, Lembaran Soalnya dalam Bahasa Arab

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 828
Senin, 18 Maret 2019
Featured Image

Lhoksukon (Masnoer)---Sebanyak 59 santri Dayah Babussalam Matangkuli, Aceh Utara mengikuti Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal (PDF) berstandar Nasional yang diberi istilah imtihan wathani, Senin (18/3)

Ujian tersebut dipantau langsung oleh Kepala Seksi ketenagaan Subdit pendidikan diniyah formal dan ma'had Aly Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Drs Bambang sementara dari Kanwil Prov. Aceh di wakili Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Drs H Djuliady M. Ag dan kasi pendidikan kesetaraan Fauzan S. Hi.

Kepala Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kankemenag Aceh Utara Sabaruddin, S.Ag, M.Sos mengatakan perwakilan dari Kemenag RI dan Kanwil Kemenag Prov Aceh memantau  langsung pelaksanaan Ujian dan berada di Aceh Utara  selama ujian Nasional berlangsung yakni Senin 18 Maret 2019 hingga Rabu 20 Maret 2019 sesuai jadwal ,’’ ujar Sabaruddin

Lebih lanjut Sabaruddin mengatakan Ujian berbasis Nasional untuk PDF tingkat Ulya ini  mata pelajaran yang di UNkan diantaranya: 1.Tafsir - Ilmutafsir 2. Hadist -  Ilmu Hadist. 3 Nahwu - Saraf. 4. Bahasa Arab. 5. Fiqh - ushul Fiqh, lembaran soalnya dalam Bahasa Arab.

"Mereka yang sudah mengikuti ujian akhir akan diberikan ijazah yang setara dengan aliyah atau lulusan SMA. Ijazah itu dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke ma'had aly," jelasnya.

Kepala Bidang Pendidikan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Drs H Djuliady M. Ag mengatakan, PDF Babussalam Matangkuli, Aceh Utara merupakan satu satunya PDF yang ada di Aceh dan untuk Indonesia hanya ada 59 PDF.

Menurutnya, PDF setara dengan jenjang pendidikan formal lainnya yaitu pendidikan dasar ditempuh pada PDF Ula selama 6 tahun, dan PDF Wustha selama 3 tahun serta jenjang PDF Ulya selama 3 tahun.

"PDF merupakan bagian dari upaya peningkatan kapasitas kelembagaan dunia pesantren, di samping sebagai ikhtiar konservasi tradisi akademik tafaqquh fiddin dan pengembangan disiplin ilmu-ilmu keagamaan Islam," tegasnya

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara H. Salamina, MA mengatakan bahwa insya Allah Dayah Babussalam Matangkuli tahun depan akan melaksanakan UN PDF perdana tingkat wustha sekarang santrinya masih kelas 2 dan tahun depan sudah bisa UNkan, jelasnya.

Salamina melanjutkan Kankemenag Aceh Utara yang dipimpinnya mendukung untuk mendirikan Mah'ad Aly di Dayah Babussalam Matangkuli, kedepan Mah'ad Aly ini bisa sebagai tempat penampung alumni PDF, ungkapnya.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh