CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Aceh dan Sumut Teken MoU Penguatan Kerukunan Umat Beragama di Perbatasan

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1178
Selasa, 26 Februari 2019
Featured Image

Sumatera Utara (Inmas)---Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menandatangani kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara tentang Pembinaan Umat di daerah perbatasan dan Desa Binaan terpadu Penyuluh Agama Islam di The Hill Hotel dan resort Sibolangit, Sumatera Utara,  Selasa (26/2).

Penandatanganan kesepakatan itu dilakukan oleh Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh dan Kakanwil Kemenag Sumut,  H. Iwan Zulhami SH MAP disaksikan Wakil Gubernur Sumut,  Musa Rajekshah, Kakanwil Sumatera Barat, dan Kakankemenag se Sumut, Usai pembukaan kegiatan Rapat Kerja Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara. 

"MoU ini merupakan terobosan baru yang kami lakukan  bersama Kanwil Sumut setelah melakukan berdiskusi sebelumnya sehingga lahir ide MoU ini sebagai bentuk Ikhtiar Kementerian Agama Sumatera Utara dan Kemenag Aceh dalam menjaga, meningkatkan kualitas kehidupan dan kerukunan umat beragama yang menjadi tugas Kemenag khususnya di daerah perbatasan kedua provinsi itu, apalagi sudah memasuki tahun politik," ujar Daud Pakeh.

Adapun bentuk kerjasama yang disepakati yaitu, kerjasama antar Penyuluh Agama dalam membangun Desa terpadu, pertemuan antar tokoh secara berkala, kerja sama bidang pendidikan, seperti pelaksanaan kegiatan bersama di perbatasan dan agenda lainnya yang dapat merawat kerukunan umat beragama.

Kakanwil Sumut,  Iwan Zulhami menyambut baik penandatanganan MoU antar provinsi itu, menurutnya hal tersebut sangat penting, untuk meminimalisir terjadinya konflik di daerah perbatasan dan juga untuk menghindar upaya provokasi dari pihak tidak bertanggung jawab.

"Kita sepakat dengan Kanwil Aceh untuk sama-sama meningkatkan kualitas kehidupan beragama sekaligus mencari solusi terbaik untuk terwujudnya kerukunan umat beragama di  Sumut dan Aceh, terutama di daerah perbatasan,” ujar Iwan.

Menurutnya, kerjasama ini sebagai bentuk Komitmen bersama dalam Mewujudkan dan melestarikan kerukunan Kerukunan Umat Beragama dan untuk mencegah aliran aliran sesat di tengah masyarakat.

"Mudah-mudahan gagasan ini menjadi role model bagi Provinsi lain,"harap Iwan.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah  mengapresiasi gagasan Kakanwil Kemenag Sumut dan Kakanwil Aceh dalam menggagas kerjasama ini, ia mengakui selama ini banyak mendapatkan laporan tentang konflik perbatasan.

"Dalam hal ini kami mengapresiasi kemenag, selangkah lebih maju dalam merawat kerukunan dan meminimalisir konflik di perbatasan,"  ujar Ijeck. []

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh