CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kakankemenag Bireuen Kukuhkan Pengurus K3M MTs

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 923
Rabu, 16 Januari 2019
Featured Image

Bireuen (Farizal)--- Kepalakankemenag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd mengukuhkan sejumlah pengurusKelompok Kerja Kepala Madrasah - Madrasah Tsanawiyah (K3M-MTs) dilingkungan kankemenag Bireuen, masa bakti 2018 - 2021. Acara berlangsung di pantaiwisata Jangka, kabupaten Bireuen, Rabu (16/1/2018) siang.

Turut hadirpada acara tersebut kasubbag Tata Usaha (TU) kankemenag Bireuen, Drs HMukhlis, kasi pendidikan madrasah, Azhary MPd,ketua K3M MTs demisioner, Abdullah MPd, pengawas madrasah, kepalamadrasah tingkat MI, MTs dan MA, serta sejumlah undangan lainnya.

Zulkifli, dalam sambutandan arahannya usai mengukuhkan pengurus K3M tersebut mengatakan bahwa sebagai sebuahlembaga di mana berkumpulnya para kepala madrasah, K3M harus menjadi inisiator bagiperkembangan madrasah ke depan ke arah yang lebih baik lagi.

Peran K3M kedepan sangat penting dalam menghadapi berbagai tantanganpendidikan, yang semakin hari semakin tajam. Karena itu pengurus K3M diharapkanuntuk terus menelurkan ide-idekreatifnya dalamrangka menghadapi, menyiasati, dan mengantisipasi tantangan tersebut,” katanya.

Lebih lanjut Iamenyebutkan, bahwa salah satu tantangan madrasah ke depan adalah dengandicetusnya kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi seluruh sekolah umumyang ada di Aceh. Hal tersebutkatanya akan berpengaruh pada animomasyarakat untuk mengalihkan pilihan pendidikan bagi anak-anak mereka ke sekolah umum.

Karena itupesannya, K3M harus berperan aktif melahirkan gagasan-gagasan pengembangan madrasah melaluiprogram-program unggulan dan penguatan praktek keagamaan. Ia mencontohkan, misalnyamelalui program tahfidhul quran, dan lain-lain. Semua program tersebut harusdimasukkan ke dalam visi-misi masing-masing madrasah.

Pada kesempatan itu, Zulkiflijuga berharap K3M dapat berfungsisebagai pusat kajian dan informasi pendidikan, pelopor pendidikan, dengan membangunkomunikasi dan kerjasama yang baik dengan semua pihak. Baik internal,eksternal, maupun antar lembaga.

Di akhir sambutannya, Zulkiflimengucapkan terima kasih kepada pengurus lama K3M MTs –yang turut hadir-- yang telahmendarmabaktikan pengabdiannya kepada pengembangan pendidikan madrasah di lingkungan kankemenagBireuen

Pengukuhan K3M MTs yang dilaksanakanhari ini berdasarkan keputusan kepalakankemenag Bireuen nomor 123 tahun 2018, tentang penetapan pengurus K3M tingkatmadrasah tsanawiyah di lingkungan kankemenag Bireuen, masa bakti 2018 - 2021.

Adapunsusunan pengurus K3M tersebut adalah sebagai berikut: Ketua, Drs Rildhwan MPd(Kepala MTsN 2 Bireuen), Wakil Ketua Drs M Yusuf MPd (Kepala MTsN 5Bireuen), Sekretaris Sabri A Gani SPd (Kepala MTsN 1 Bireuen), dan BendaharaMunawar SAg (Kepala MTsN 9 Bireuen).

Sementara bidang-bidangsebagaimana tersebut dalam keputusan tersebut antara lain bidangpenguatan kelembagaan, diketuai Dr Zubaili MA, bidang kurikulumdan evaluasi, Iskandar SAgMSi, bidang pengembangan guru/ tenaga kependidikan, Drs Rusydi MAg, bidangpengembangan kesiswaan, Musmulyadi SAg, dan bidang hubungan masyarakat, ZuryatiSPd.

Usai arahan kakankemenag,dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata yang diserahkan ketua K3M MTs, DrsRildhwan MPd kepada ketua K3M MTs demisioner, Abdullah MPd. Acara dilanjutkandengan makan siang bersama.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh