CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Menebar Bakti di Tangjong Beuridi

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1041
Sabtu, 29 Desember 2018
Featured Image

Bireuen (Farizal)—Puncakperingatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 kementerian agama tinggal empat harilagi. Tepatnya pada 3 Januari 2019 nanti. Berbagai prosesi penyambutannyapundilakukan segenap insan “ikhlas beramal,” di manapun berada di seluruh penjurunusantara. Tak terkecuali di Aceh, bahkan di kankemanag Bireuen.

Hari ini, Sabtu(29/12/2018) kankemenag Bireuen beserta jajarannya melakukan dua kegiatansosial dalam rangka penyambutan hari lahirnya kementerian agama tersebut.Pertama, gotong royong massal yang dipusatkan di mesjid Munawarah, Gampong UleeJalan, kecamatan Peusangan Selatan-Bireuen. [Baca: KankemenagBireuen Tunai Bakti di Tempat Suci](https://aceh.kemenag.go.id/berita/503967/kankemenag-bireuen-tunai-bakti-di-tempat-suci)

Berikutnya adalahkegiatan “bedah” madrasah, yang menjadi agenda kegiatan kedua peringatan HABtahun ini. Adapun madrasah yang dibedah adalah Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS)Tanjong Beuridi, masih dalam kawasan kecamatan yang sama.

Turut hadir dalamkegiatan “bedah” madrasah, kepala kankemanag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd,kasubag TU, para kasi, penyelenggara syariah, kepala madrasah, kepala KUA,penghulu, penyuluh, pengawas madrasah, aparatur dan tokoh masyarakat sertatokoh agama gampong Tanjong Beuridi, dan beberapa gampong di sekitarnya.

“Bedah” madrasahdimaksud merupakan kegiatan pembenahan sarana madrasah tersebut dengan beberapabagian bangunan yang direhabilitasi. Salah satunya adalah Ruang Kegiatan Belajar(RKB). Dari bangunan kayu, diubah menjadi setengah permanen, mengganti atap denganyang baru, plafon, lantai, dan pengecatan. Proses rehabnya sudah mulai dilakukanbeberapa hari yang lalu.

Selain itu, pembuatanjalan baru menuju madrasah sepanjang lebih-kurang 30 meter dengan leber tigameter. Mulai dari pinggir jalan kecamatan, hingga ke halaman madrasah. Jugadilakukan pembersihan dan perbaikan sumur, sebagai salah satu sumber air untuk kebutuhanwarga madrasah.

Ketua panitiaperingatan HAB ke-73 kankemenag Bireuen, Anwar MPd kepada media ini mengatakanbahwa suksesnya kedua kegiatan yang sudah dilaksanakan hari ini berkatkerjasama dan peran aktif semua anggota keluarga besar kankemenag Bireuen danmasyarakat setempat.

“Saya atas namapanitia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yangtelah ikut serta dalam menyukseskan kegiatan ini. Kami tentu tidak akan sanggupmembalas semua ini. Hanya Allah-lah yang akan membalasnya,” ungkap Anwar sesaatusai kegiatan.

Ia menambahkan,puncak kegiatan peringatan HAB ke-73 tahun ini akan dilaksanakan pada 3 Januari2019 di halaman pendopo bupati bireuen, berupa upacara peringatan HAB ke-73yang akan diikuti oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungankankemenag Bireuen. Dan juga diikuti oleh para guru Pendidikan Agama Islam(PAI) yang bernaung di bawah lembaga tersebut.

Selain itu lanjutAnwar, setelah upacara akan dilanjutkan dengan kegiatan sosial lainnya berupadonor darah oleh warga kankemenag Bireuen yang sudah mendaftarkan diri padapanitia sebagai pendonor. “Yang belum mendaftar juga diperkenankan untukmendonorkan darahnya pada hari tersebut, termasuk pendonor yang bukan dariinstitusi kementerian agama,” lanjutnya.

Sementara itu, kepalakankemenag Bireuen, di awal sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atasdukungan semua pihak terhadap kegiatan ini. Ia mengajak hadirin untuk terus bersama-samapeduli dan membangun lembaga pendidikan Islam seperti madrasah ini.

“Lembaga pendidikanIslam seperti madrasah, beberapa di antaranya memang seperti ini kondisinyasarananya. Tapi saya yakin para alumninya jauh lebih baik dan sukses darikondisi bangunannya. Karena itu saya mengajak, mari kita lebih peduli dan membangunbersama lembaga pendidikan kita ke arah yang lebih baik lagi,” pesan Zulkifli.

Usai gotong-royong yangmerupakan rangkaian kegiatan akhir “bedah” madrasah dan seremonial, kegiatandilanjutkan dengan kenduri makan siang bersama.  

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh