Setelah Memantau PTSP, Kakanwil Layani Calon Jamaah di Lobi

Peny Haji Umrah 05-12-2018 12:39

(aceh.kemenag.go.id/Peny Haji Umrah)

Band Aceh (Yakub)---Pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan, bisa di mana saja, di mushalla, kantin dan lobi misalnya,  begitulah biasanya Kakanwil Kemenag Aceh dalam memberikan pelayanan, tak ada skat apalagi pembatas untuk bertemu dengan sosok itu. 

Apalagi bagi warga, seperti calon jamaah haji yang telah uzur, yang tidak memungkinkan naik ke lantai tiga, ruangan kerja Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil, lengkap dengan kamar  Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) itu, layanan tidak mesti di ruang kerja.

Seperti siang Selasa (4/13), Kakanwil ikut mendampingi dan berkonsultasi soal perhajian, bersama satu rombongan dari Pidie.

Didampingi Kasi Pembinaan Jamaah Drs H Mukzi Abdullah, Kasi Akomodasi, Transportasi, dan Perlengkapan (ATP) Jamaah H Azhar MA, Kakanwil berdialog dan memberi sejumlah informasi seputar pemberangkatan haji, misalnya soal lansia dan antrian nomor porsi.

Setelah meninjau penyelesaian ruangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Kakanwil Kemenag Aceh Drs HM Daud Pakeh ternyata tidak langsung ke ruang kerja lantai dua, tapi menjumpai dulu beberapa warga di lobi Kanwil. Ia mengarahkan jajaran PHU untuk melayani jamaah uzur di lantai bawah, tidak harus le lantai 3.

Sebagaimana dimaklumi, jika ada calon jamaah atau tamu yang memerlukan informasi dan layanan haji atau umrah, atau lainnya, dan dilaporkan sekuriti, mereka sudah tua atau uzur, justru jajaran dari Bidang PHU yang turun menjumpainya, biasa di lobi kantor. 

Lobi berada di samping PTSP yang dipantau Kakanwil itu. Nanti sebagian layanan di PTSP di lantai sattu itu, adalah layanan haji.

Menurut Kaknwil, dalam rapat perdana panitia pelaksana peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 73, di aula Selasa (4/12), bahwa peresmian PTSP di Kanwil seluruh Indonesia dilakukan oleh Menag.

"Jadi pelaksanaan resepsi HAB ke 73  nanti disesuaikan lagi dengan jadwal kunjungan Bapak Menteri Agama ke Aceh," jelas Kakanwil selaku  Pengarah HAB 2019.

Menurut Kakanwil, selain peresmian PTSP, agenda Menag di Serambi Mekkah nanti antara lain, meresmikan pembangunan lembaga yang dibangun dengan SBSN dan menyapa Penyuluh Agama Provinsi Aceh.[]

Kategori Penyelenggaraan Haji & Umrah
CONNECT & FOLLOW