CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kakankemenag Tinjau Pelaksanaan Ujian CTB di MAN 4 Aceh Timur

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 903
Selasa, 4 Desember 2018
Featured Image

Idi (Irfan Humas) Hari Kedua Pelaksanaan Ujian CTB di MAN 4 Aceh Timur  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur Drs H Marzuki Ansari MA meninjau secara langsung pelaksanaan ujian akhir semister berbasis  komputer atau Computer Based Test (CBT) di Madrasah tersebut.Selasa (04/12).

Melihat inovasi yang dilakukan oleh jajarannya ini, H Marzuki memberikan apresiasi kepada madrasah yang sudah melaksanakan ujian CTB. 

Deyes Brand ,ST yang merupakan salah satu proktor dan Tekhnisi ujian CTB MAN 4 Aceh Timur mengatakan, ide ini berawal dari  ajakan Kepala Madrasah, Drs Saifullah MN , agar pelaksanaan CTB di MAN 4 Atim bisa dilaksanakan berbasis komputer, layaknya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK).

“Kami menggunakan salah satu aplikasi dari sekian banyak yang ada.  Tim Teknis mulai bekerja selama beberapa hari agar efektif untuk menginput database soal beserta kunci jawabannya.

Namun secara umum, ujian akhir semister berbasis Komputer dan Android ini berjalan baik dengan menggunakan durasi waktu lebih dari yang dialokasikan

Dalam kesempatan tersebut Saifullah berharap semoga anak didik tahun ini bisa melaksanakan ujian dengan baik, serta menjadi generasi yang bermanfaat bagi agama dan bangsa.

Ia menambahkan, banyak keunggulan yang diperoleh dengan menggunakan sistem CBT. Selain praktis, ujian dengan menggunakan sistem CBT pun meminimalisir kesempatan siswa untuk berbuat curang, yang otomatis membantu membiasakan mereka untuk senantiasa berbuar jujur dalam mengerjakan ujian.

Jadi guru-guru membuat soal lebih banyak, ada yang 100 bahkan lebih, yang diinput oleh tim berbeda untuk setiap siswanya. Melalui CBT ini nilai juga langsung dapat diperoleh siswa usai ujian, jadi lebih memudahkan,"ujarnya.                                       

Dari sisi para pengajar pun sejalan dengan arahan pemerintah untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan pedagogik.paparnya

Tags: #
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh