Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Bintang Diresmikan

Kankemenag Aceh Tengah 29-11-2018 09:05

Takengon (Darmawan) - Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah diresmikan, rabu (28/11).

Peresmian gedung BN & MN ditandai dengan pemotongan pita oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Karimansyah.I, SE.MM didampingi Kabid Urais dan Binsar Kanwil Kemenag Aceh Drs. H. Hamdan, MA dan KaKanKemenag Aceh Tengah Drs. H. Amrun Saleh, MA.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah Amrun Saleh dalam laporannya mengatakan berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Kecamatan, tokoh masyarakat, mengingat lokasi kantor KUA Kecamatan Bintang yang berada di Kampung Kuala Dua sudah sempit, parkir kendaraanpun susah.

Alhamdulillah, atas dukungan dan partisipasi masyarakat Kecamatan Bintang pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji dapat diselesaikan tepat waktu.

Dengan adanya kantor baru, masyarakat Kecamatan Bintang meminta bangunan lama bisa dipakai untuk Raudhatul Athfal (RA). Karena RA belum memiliki gedung sendiri, tidak salah rasanya kalau kantor KUA lama dipakai oleh RA.

Tiga bulan yang lalu, kami hadir ke sini dalam rangka peletakan batu pertama yang diletakan oleh bapak bupati Aceh Tengah, Shabela AbuBakar dan para pejabat daerah lainnya, ujar Kabid Urais dan Binsar Kanwil Kemenag Aceh, Hamdan disaat memberikan sambutan peresmian Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Bintang, rabu (28/11).

Lebih lanjut Kabid Urais dan Binsar mengatakan, hampir seluruh Aceh mendapatkan bangunan seperti ini. Tapi yang paling banyak di Kabupaten Aceh Tengah, ini KUA yang keempat dibangun setelah tiga KUA Kecamatan dibangun sebelumnya yakni KUA Kecamatan Ketol, Kute Panang, dan Silih Nara.

Aturan sekarang ini, hibah, pinjam pakai, dan wakaf tidak dibenarkan membangun untuk pembangunan yang dimulai, kecuali telah menjadi milik Kementerian Agama, jelas Hamdan.

“Sumbangsih dari masyarakat kecamatan bintang, tentu kita ucapkan terimakasih dan semoga kedepan bisa memberikan masukan dan kontribusi untuk pelayanan di tempat ini”.  

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Karimansyah. I dalam arahannya mengatakan atas nama pemerintah daerah Kabupaten Aceh Tengah mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Agama  Kabupaten Aceh Tengah dan selamat kepada masyarakat Kecamatan Bintang yang telah mendapatkan anugerah berupa kantor .

Mari kantor ini kita mafaatkan untuk melayani umat, terutama dalam melayani dengan sebaik-baiknya terutama tugas pokok dan fungsi.

Terkait dengan perceraian, Karimansyah mengatakan  banyak faktor yang mendorong terjadinya perceraian, salah satunya ialah faktor ekonomi berdasarkan hasil penelitian. Kebanyakan perceraian, 60 – 70% digugat cerai oleh istri di karenakan suami tidak mampu membiayai keluarga.

Oleh karena itu, diharapkan kepada calon calon suami harus betul betul siap segalanya, baik mental, siap ekonomi supaya rumah tangga itu langgeng.  

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW