CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Aceh Saweu Sikula dan Sosialisasi Hisab Rukyat

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 513
Rabu, 14 November 2018
Featured Image

Pulo Aceh (Inmas)---Tim dari Seksi Sinfo dan Proha Bidang Urusan Agama Islam dan Bimbingan Syariah Kanwil Kemenag Aceh mengadakan kegiatan Sosialisasi Hisab Rukyat di SMA 1 Pulo Aceh, Aceh Besar, Senin (12/11).

Kegiatan dengan tema "Moto Hilal saweu sikula" diikuti 50 peserta yang terdiri dari siswa dan dewan guru di sekolah tersebut.

Adapun kegiatan dikoordinir oleh Dr. Saifullah, Lc, MA, selaku ketua panitia kegiatan dan juga merupakan putra daerah setempat. 

Sebelumnya, acara itu dibuka H Muzakkir S.Ag, selaku Kasi Sinfo dan Proha pada Bidang Urais & Binsyar Kanwil Kemenag Aceh. 

Dalam materi yang disampaikan Alfirdaus Putra S.Hi, MH. Ia memberikan informasi terkait "Pengenalan Hisab Rukyat dan Ibadah."

Menurutnya, Hisab Rukyat dan ibadah tidak dapat dipisahkan, keduanya saling berkait erat antara satu dan lainnya.

"Hal itu tidak lain dikarenakan ibadah-ibadah dalam Islam terkait langsung dengan benda-benda langit," ujar Alfirdaus.

Kemudian, ia juga menjelaskan tidak ada dikotomi antara Ilmu falak dan Astronomi, karena pada dasarnya Ilmu Falak dan Ilmu Astronomi sama-sama ilmu yang mempelajari lintasan benda-benda langit-khususnya bumi, bulan, dan matahari-pada orbitnya masing-masing dengan tujuan untuk diketahui posisi benda langit antara satu dengan lainnya, agar dapat diketahui waktu-waktu di permukaan bumi. 

Selanjutnya, materi kedua disampaikan Dr. Suhrawandi, M. Sc dengan tema Ilmu Astronomi. 

Ia menginformasi pengetahuan terkait dengan sistem tata surya dan benda-benda langit seperti planet, bintang, komet, serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi.

Pada kesempatan itu, para siswa dan guru juga berkesempatan untuk melakukan praktek menggunakan teropong/teleskop, yang juga dipandu para ahlinya, Aznur Johan, S. Hi, dan Muhammad Iqbal, S. Hi. 

Para peserta kegiatan ini terlihat begitu antusias dan bersemangat.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi seluruh peserta, dan semoga ilmu yang telah didapat ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari nantinya," ucap H Muzakkir menutup kegiatan sosialisasi tersebut.[]

Tags: # info
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh