Direktorat Bina KUA Kemenag RI Gelar Pembinaan di Aceh

Inmas Aceh 08-11-2018 17:44

Banda Aceh (Inmas)---Direktorat Jenderal Bimas Islam Direktorat Bina Kantor Urusan Agama (KUA) dan Keluarga Sakinah Kementerian Agama RI menggelar Pembinaan dan Peningkatan Kualitas Manajemen dan SDM KUA se Provinsi Aceh di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh sejak 08 s.d 10 November 2018.

Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh membuka kegiatan bertema "Menuju paradigma baru KUA" tersebut, Kamis (8/11).

Dalam sambutannya Kakanwil berharap hasil terbaik yang diperoleh dari kegiatan yang diikuti.

"Kita bersyukur dan berterimakasih kepada dirjen bimas Islam direktorat bina KUA dan keluarga sakinah yang menyelenggarakan kegiatan di Aceh, semoga ada seuatu yang bisa dibawa pulang semua kita peserta, dalam rangka peningkatan kinerja." ujar Kakanwil.

Salah satu nilai dalam bekerja, harus ada inovasi, makanya membangun inovasi di lingkup kerja sangat penting dan jangan terbatas dengan sarana prasarana yang ada, tambah Kakanwil.

Menurut Kakanwil, sesuai aturannya balai nikah bukan saja tempat nikah rujuk, "Tetapi juga mengurusi keluarga sakinah, kemasjidan dan hisab rukyat, pembinaan syariah, penerangan Agama islam, zakat wakaf dan manasik haji," ucapnya.

Selain itu, Kakanwil juga jelaskan standar pelayanan dan komponen standar pelayanan.

"Layanan harus tepat waktu, disiplin. Karena berbagai lapisan masyarakat kita layani, mulai dari tidak ada pendidikan hingga yang pendidikan tertinggi, sebab itu prinsip-prinsip layanan publik perlu diaplikasi," sebut Kakanwil.

Kasi Bina Kepenghuluan Wilayah I, Hamim dalam laporannya mengatakan tugas dan fungsi KUA mesti dapat diwujudkan melalui pengamalan 5 budaya kerja kemenag.

"Masing-masing KUA perlu melakukan evaluasi ulang terhadap kinerja apa sudah sudah dilakukan dan sudahkah maksimal, untuk penguatan kementerian agama," ucap Hamim.

"Perlu membentuk KUA yang representatif dan diarahkan untuk peningkatan pelayanan," lanjutnya.

Target pelaksanaan kegiatan tersebut untuk membentuk Forum Komunikasi KUA, serta KUA tanggap terhadap masalah-masalah agama dan mampu memberi solusi ditengah masyarakat, tambah Hamim.

Kegiatan tersebut diikuti 60 peserta, terdiri atas Kasi Bimas, Kepala KUA dan operator KUA se Aceh.

Pembukaan kegiatan dihadiri Kasubdit Bina Kelembagaan KUA Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Nur Afwa Sofia, Kabid Urais & Binsyar, Drs H Hamdan MA dan para Kasi pada bidang Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Aceh.[]

Kategori Informasi dan Humas
CONNECT & FOLLOW