Kemenag Aceh Gelar Sosialisasi Penguatan Keluarga Muda di Nagan Raya

Inmas Aceh 18-10-2018 21:25

Nagan Raya (Inmas)---Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah melaksanakanKegiatan Sosialisasi Pencegahan Kawin Anak dan penguatan Keluarga Muda di Kabupaten Nagan Raya selama tiga hari, 17-19 Oktober 2018 di Hotel Grand Nagan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 60 peserta yang terdari Siswa-siswi MA/SMA dalam Kabupaten Nagan Raya dan juga mahasiswa/i. 

Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh saat menjadi narasumber menyampaikan pentingnya persiapan yang matang sebelum melanjutkan ke jenjang pernikahan, termasuk kesiapan fisik, materi, mental dan ilmu. Karena, pernikahan itu bukanlah untuk sesaat dan sekedar saja, akan tetapi pernikahan merupakan sebuah ikatan lahir batin antara seorang laki-laki dengan perempuan dalam membina keluarga menuju sakinah,mawaddah warahmah.

"Bangun pondasi yang kuat dalam membangun rumah tangga, jangan terburu-buru, karena pernikahan bukanlah perlombaan, jadi matangkan dulu persiapan sebaik mungkin," ujar Kakanwil.

Dalam kesempatan tersebut Kakanwil juga mengatakan salah satu faktor persiapan pernikahan adalah usia, sehingga dapat mempertimbangkan dampak negatif yang terjadi, karena Pernikahan anak atau usia dini rentang terhadap perceraian. Karena pernikahan dini yang biasanya berlangsung tanpa kesiapan mental dari pasangan berakhir dengan perceraian.

Sementara Kabid Urais Binsyar, H. Hamdan, MA mengatakan kegiatan tersebut sengaja diperuntukkan kepada pelajar dalam Kabupaten tersebut sehingga menjadi bekal bagi mereka kelak dan mereka sebagai duta bagi Siswa-siswi lainnya di sekolah atau Madrasah.

Selain Kakanwil, kegiatan tersebut juga diisi Kabag TU, H. Saifuddin, SE, Kabid Urais Binsyar, Kakankemenag Nagan Raya dan unsur MPU. [] 

Kategori Informasi dan Humas
CONNECT & FOLLOW