CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Selesai Ikuti Tes Eksplorasi dan Praktikum, Ini Komentar Peserta Kontingen Aceh

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 193
Kamis, 27 September 2018
Featured Image

Bengkulu (Abdurrachman Halim) --- Setelah mengikuti tes Computer Based Test (CBT) kemarin, hari ini Kamis (27/09) seluruh peserta akan mengikuti tes terakhir, yaitu ujian praktikum dan eksplorasi. 

Tes ini diikuti oleh tingkat MI, MTs, dan MA. Untuk MI, cabang Matematika Terintegrasi akan mengikuti ujian eksplorasi sedangkan cabang IPA Terintegrasi akan mengikuti ujian praktikum. Tingkat MTs, cabang Matematika Terintegrasi dan IPS Terpadu Terintegrasi juga akan mengikuti ujian eksplorasi, sedangkan IPA Terpadu Terintegrasi juga akan mengikuti ujian praktikum.

Sementara itu untuk MA, cabang Matematika Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi juga akan mengikuti akan tes eksplorasi, serta cabang Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, dan Kimia Terintegrasi akan mengikuti ujian praktikum.

Untuk pelaksanaan teknis ujian praktikum tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya yaitu dalam hal tahapan eksperimen. Tahapan eksperimen sampai 4 tahap. Sedangkan untuk eksplorasi sudah diintegrasikan dengan agama. 

Setelah selesai, Safira Salsabila yang merupakan peserta KSM Aceh cabang Geografi Terintegrasi MA menjelaskan bahwa soal eksplorasi yang diberikan lumayan sulit. Namun, semua soal sudah dipelajari sebelumnya.

"Kalau soalnya sendiri lumayan sulit, karena sekarang kita bertanding di ajang nasional tentu tingkat kesulitan soal lebih tinggi. Namun, walaupun begitu, alhamdulillah soal yang keluar sudah dipelajari sebelumnya sewaktu TC," ujar Safira.

Ia juga menambahkan bahwa tidak mempermasalahkan menang atau kalah karena sudah berusaha semaksimal mungkin untuk ajang ini. "Kalau bukan rezeki di KSM ini, mungkin di tempat lain bisa mendapatkan yang lebih baik. Kalau Allah sudah berkehendak tidak ada yang mustahil, karena semuanya kita gantungkan harapan kepada Allah SWT," tandasnya.

Sementara itu, Safril Ilmi Ramadhan, peserta KSM Aceh cabang IPA Terintegrasi MI mengatakan bahwa ia dapat menyelesaikan eksperimen dengan baik. "Alhamdulillah, eksperimennya berjalan dengan lancar. Eksperimen pertama berkenaan dengan sedotan, kedua tentang proses fotosintesis, ketiga tentang eksplorasi, dan terakhir tentang mengapung dan tenggelam (hukum Archimides)," jelas Safril.

Tes eksplorasi dan eksperimen sendiri merupakan tes terakhir yang harus dijalani oleh peserta KSM. []

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh