CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

12 Siswa Madrasah Aceh Ikut Kompetisi Sains Tingkat Nasional

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 689
Sabtu, 22 September 2018
Featured Image

Banda Aceh (Inmas) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh, yang diwakili oleh Kabag Tata Usaha, H. Saifuddin, SE melepas secara resmi kebarangkatan 12 siswa siswi madrasah Aceh untuk mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM)Tingkat Nasional Tahun 2018 di Provinsi Bengkulu, di Aula Kanwil Kemenag Aceh, Sabtu (22/9).

Ke 12 siswa-siswi tersebut merupakan peserta terbaik dari setiap bidang studi pada seleksi KSM tingkat Provinsi Aceh beberapa waktu lalu. 

Kakanwil Kemenag Aceh dalam sambutan tertulis yang dibaca oleh Kabag TU, Saifuddin, SE  meminta kepada siswa siswi yang akan mewakili Aceh agar berusaha dan berjuang memberikan yang terbaik pada perlombaan sains nasional ini, sehingga dapat mengharumkan  Aceh di kancah  nasional. 

"Kepada anak-anak kami yang terpilih menjadi duta Aceh pada KSM Nasional ini, selamat berjuang, teruslah belajar dan berdoa, di tangan kalian ada kesempatan untuk menharumkan Aceh di kancah nasional," ujar Saifuddin. 

Ia juga mengatakan bahwa pelaksanaan Kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM)  merupakan sebagai jawaban atas pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, yang telah mengantarkan umat manusia ke era kompetisi global di berbagai bidang kehidupan, sehingga di perlukan pendidikan yang berorientasi pada peningkatan berpikir logis, kritis, sistematis dan kreatif  yang dibarengi dengan pengetahuan keislaman untuk memberi bekal pengetahuan yang maksimal untuk menghadapi tantangan di era kompetisi global, era industry digital 4.0  sebagaimana sekarang ini.

Ia juga menjelaskan bahwa pada tahun ini seleksi tingkat provinsi Aceh diikuti antusias  peserta yang tinggi  dari Kabupaten/Kota dengan menggunakan sistem komputer langsung atau dikenal Computer Based Test (CBT). 

"Berdasarkan laporan panitia pelaksana bahwa tahun ini jumlah peserta yang ikut seleksi tingkat provinsi sebanyak 457 peserta, itu menandakan bahwa pada tahun ini hampir seluruh Kabupaten Kota mengirimkan utusan untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi," jelas Saifuddin. 

Selain itu ia juga menjelaskan bahwa pada tahun ini, sebagai bentuk Ikhtiar, Kemenag Aceh melakukan pembinaan atau TC untuk  persiapan peserta KSM Nasional dengan cara bimbingan intensif dan pendalaman materi toeri dan praktek dengan pembimbing profesional selama  selama 6 hari, mulai dari 17 - 22 September 2018.

Sementara Kasi Kesiswaan, Dra, Qadriyah mengatakan Kontingen Aceh akan berangkat ke Bengkulu melalui melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar besok, Minggu (23/9) pagi. 

*Berikut nama Peserta KSM Nasional 2018 asal Provinsi Aceh:*

1. Sanaiha Siddiq, MIN 13 Pidie, Matematika terintegrasi 

2. Safril Ilmi Ramadhan, MIN Paya Bujok  Langsa, IPA terintegrasi, 

3. Nadia Fitrianda Muzni, MTsS Muhammadiyah Gunung Meriah, matematika terintegrasi, 

4. Dek Rina, MTsN Sabang, IPA terpadu Terintegrasi, 

5. T. M Al Farabi, MTsS terpadu Langsa, IPS terpadu terintegrasi,

6. Evi Nafisah, MAN Simpang Tiga Bener Meriah, Matematika terintegrasi, 

7. Nabielatunnisa MAN Insan Cendikia, Biologi Terintegrasi,

8. Khairus Subki, MAN 1 Banda Aceh, Fisika terintegrasi, 

9. Salsabila, MAN 2 Banda Aceh, Kimia Terintegrasi,

10. Johan Putra Morow, MAS Tgk. Chik Oemar Diyan, Ekonomi terintegrasi, 

11. Safira Salsabila , MAS Darul Ulum, Geografi Terintegrasi, 

12. Muhammad Ikhsan Maulana Putra, MTsN 3 Aceh Selatan, IPS terpadu Terintegrasi.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh