CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Seorang Jemaah Haji Nagan Raya Wafat Usai Armuzna

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1648
Kamis, 30 Agustus 2018
Featured Image

Banda Aceh (Inmas)---Innalillahi wainna ilaihi rajiun telah wafat seorang jemaah haji bernama Hamidah Nyak Itam binti Nyak Itam (72 tahun) asal Nagan Raya yang tergabung dalam kloter 09 Embarkasi Aceh (BTJ-09) di Makkah Arab Saudi, Rabu (29/8) pukul 23.50 Waktu Arab Saudi (WAS).

Informasi ini disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Drs H M Daud Pakeh melalui Koordinator Humas dan Penerangan PPPIH, H Rusli Lc MSi setelah menerima kabar dari petugas haji dari Arab Saudi di Banda Aceh, Kamis (29/8).

"Kita kembali berduka, seorang jemaah haji Aceh wafat di Makkah, beliau bernama Hamidah Nyak Itam binti Nyak Itam, beralamat di Desa Blang Muko, Kecamatan Blang Muko Kuala, Nagan Raya, bernomor porsi 0100056626 dan nomor Paspor B8707046," ujar Rusli.

Semoga almarhumah diterima dan ditempatkan ditempat yang layak disisiNya, ungkap Rusli.

Kronologisnya pasien jatuh saat ke kamar mandi sehingga menimbulkan lecet di kepalanya. Perkiraan ia jatuh sekitar pukul 23.15 WAS.

Kemudian, sekitar pukul 23.45 WAS teman sekamar almarhummah bangun dan melihat posisi Hamidah tergeletak dilantai dengan telungkup.

Temannya tersebut memanggil petugas medis dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Saat TKHI datang, jam 23.50 WAS, terlihat darah mengalir di bawah muka almarhummah.

"Setelah kejadian itu, Jemaah itu mengalami arteri karotis tidak teraba, nafas tidak ada, pupil dilatasi maksimal dan jemaah dinyatakan meninggal dunia, di Maktab 41, sektor 5 nomor hotel 507, kamar 361," ungkap Rusli.

Berdasrkan keterangan dari teman sekamarnya, malam sebelum tidur almarhummah secara umum dalam keadaan baik dan sehat serta beraktifitas biasa seperti sholat dan makan. Almarhummah tidak mengeluh sakit apapun.

Sebelumnya, almarhummah mempunyai riwayat Anemia, Gastritis (radang lambung) dan Senility (gejala stroke akibat penurunan kinerja otak).

Dengan wafatnya Hamidah, maka Jemaah haji Aceh yang wafat di Arab Saudi berjumlah 4 orang.

3 orang jamaah haji Aceh yang meninggal sebelumnya yaitu Abdullah bin Amin Nafi yang tergabung dalam kloter 03 asal Banda Aceh, kemudian Mukhlis Teuku Usman Sarong jemaah haji asal Pidie yang tergabung dalam kloter 05 dan Siti Halimah binti Ahmad Jemad berasal dari Bener Meriah yang tergabung dalam kloter 06, ketiganya meninggal di Makkah.[]

Tags: # info
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh