CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Seksi PAI Kemenag Gelar Sosialisasi Simpatika, Dan Pengalangan Dana Gempa Bumi Lombok

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 559
Rabu, 15 Agustus 2018
Featured Image

Meulaboh ( Jufrizal Muaz | Rahmat ) --- Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat Gelar Sosialisasi Updating Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag (Simpatika), Selasa (14/8) Kemarin.


Kegiatan yang dilaksanakan di Aula MAN 1 Aceh Barat Jl. SM Raja Meulaboh dihadiri 135 Guru PAI dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK dilingkungan Kabupaten Aceh Barat.


Pelaksana Harian Kepala Seksi PAI, H. Ikhwan Is mengatakan, acara ini bertujuan memberikan penjelasan kepada Guru PAI untuk mengaktifkan Akun PTK Simpatika.


“Guru PAI harus mengaktifkan akun PTK pribadi mereka pada setiap semester, jika tidak, tidak tertutup ke mungkinan akunnya akan hilang,” kata H. Ikhwan.


Selain itu Ikwan menambahkan, pemenuhan jam mengajar guru PAI pada akun PTK Simpatika masih menggunakan kurikulum KTSP dan K13.


“Terkait Kurikulum Aceh belum bisa kita berlakukan, karena pihak Kemenag Aceh Barat belum menerima juknis resmi, baik dari Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Provinsi Aceh,” ungkapnya saat memberikan kata sambutan di hadapan Guru PAI.


Sementara itu, Ketua Pokjawas PAI, Drs. Marzuki mengatakan, selain mengupdate data di akun PTK Simpatika, Guru PAI juga harus melengkapi segala Administrasi mengajar, antaranya SK pembagian tugas dari Kepala Sekolah, roster pelajaran dan administrasi terikait lainnya. Khususnya bagi guru PAI sertifikasi,” tegas Marzuki.


Lebih lanjut dia menjelaskan, selama ini pihaknya masih belum bisa menjadi supervisi yang maksimal, pasalnya jumlah Pengawas PAI Aceh Barat masih sangat minim untuk mengawas ke seluruh sekolah di Kabupaten Aceh Barat.


“Walaupun anggota kami cuma 4 orang, namun kami terus berusaha meningkatkan mutu dan kualitas PAI dibumi Teuku Umar ini,” Dia juga berharap kepada seluruh Guru PAI agar menguasai seluruh teknologi yang berkembang. “Kita sekarang memang dituntut untuk menguasai teknologi. Kalau tidak, kita akan ketertinggalan,” tutupnya.

Diakhir acara, Guru PAI yang mengikuti acara tersebut mengumpulkan sumbangan untuk Korban Gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat sebesar 2.029.000 rupiah. Dana tersebut akan disalurkan langsung melalui Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Barat.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh