Bupati Aceh Barat Lepaskan Keberangkatan JCH BTJ-07

Inmas Aceh 09-08-2018 21:43

Banda Aceh (Inmas)---Bupati Aceh Barat, H Ramli MS melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Aceh Kelompok Terbang 07 (BTJ-07) di Aula Jeddah, Asrama Haji Embarkasi Aceh, Banda Aceh, Kamis (9/8) malam.

Pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera merah putih oleh Bupati kepada Ketua Kloter 07, Khairul Azhar, S Ag bin Zainuddin Saman.

Dalam sambutannya sebelum melepaskan keberangkatan jemaah Ramli megajak jemaah bersyukur atas segala rahmat Allah.

"Kesempatan berhaji adalah rahmat Allah, kita wujudkan puji syukur dengan melaksanakan segala perintah dan menjauhi larangannya," ujar Ramli

Saya yakin jemaah calon haji semua yang telah berkumpul disini adalah orang yang siap meningggalkan dunia, sebutnya.

Ia juga mengatakan jangan merasa lelah selama di Arab Saudi, "Lawan semuanya baik itu kelelahan dan keletihan, kita laksanakan rukun ibadah sebagai rukun Islam ke lima, dan tujuannya mencari Ridha Allah," ucap Ramli.

Maka sebelum berhaji ampunkan semua dosa orang lain, sebagai syarat diterimanya ibadah oleh Allah.

"Kami berdoa semoga semua jemaah sehat wal afiat dan bisa menjalankan seluruh rukun haji dan meraih haji mabrur," ucapnya lagi.

JCH yang berjumlah 393 orang tersebut berasal dari Aceh Barat, Sabang, Aceh Jaya, Lhokseumawe, Aceh Utara, dan Aceh Besar, Pidie, Abdya dan Banda Aceh.

Adapun rinciannya, Aceh Barat 199 orang, Sabang 47 orang, Aceh Jaya 46 orang, Lhokseumawe 37 orang, Aceh Utara 36 orang, Aceh Besar 16 orang, Pidie 1 orang, Abdya 1 orang dan Abdya 2 orang, petugas 5 orang dan TPHD 3 orang. JCH laki-laki berjumlah 160 orang dan Perempuan 233 orang.

Jemaah termuda pada kloter ini bernama Anhilman Arrafi bin Nazirin, umur 20 tahun, manifest nomor 204 berasal dari Aceh Barat.

Jemaah tertua bernama Cut kubon binti tgk Daud, umur 88 tahun, nomor manifes 191 berasal dari Aceh Barat.

Sedangkan jemaah dengan resiko tinggi (Resti) berjumlah 332 jemaah.

Selama berada di tanah suci, JCH ini akan menetap di maktab 49, nomor rumah 908, sektor 9 di wilayah Misfalah.

Dijadwalkan, JCH Kloter 07 akan berangkat ke Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah Arab Saudi via Bandara Internasional SIM, Jum'at (10/8) pukul 07.05 Wib.

Hingga hari ini, Kamis (9/8) Total JCH Aceh yang telah berada di Mekkah Arab Saudi dari Kloter 1 s.d 6 berjumlah 2.350 jemaah, terdiri dari 962 jemaah laki-laki dan 1.388 jemaah perempuan.

Usai pelepasan, para jemaah akan menerima pembagian dokumen, pembagian gelang identitas, pembagian living cost dan pengembalian biaya pembuatan paspor. 

Pelepasan tersebut juga dihadiri Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh, Walikota Sabang, Walikota Aceh Jaya, Kakankemenag Aceh Jaya, Lhokseumawe, Sabang dan Kota Langsa.[]

Kategori Informasi dan Humas
CONNECT & FOLLOW