CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Paspor Jamaah Aceh sedang Pemvisaan di Kedubes Arab Saudi

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 113
Kamis, 12 Juli 2018
Featured Image

Banda Aceh (Yakub)---Kesibukan prosesi haji, akan berlangsung di UPT Asrama Haji, terutama sejak masuknya Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter 1 Embarkasi Haji Aceh (BTJ- 01) ke asrama, mulai Jumat (3/8).

Sebanyak paspor 4.430 JCH Aceh, kini sedang proses pemvisaan di Kedutaan Besar Arab Saudi (KBAS) Jakarta. Masa proses pemvisaan di KBAS, dalam masa empat bulan (Sya'ban-Dzulqa'idah). 

Dalam masa Syawal-Dzulqaidah juga proses penyerahan paspor yang sudah divisa kepada Bidang PHU di Kanwil Kemenag Aceh.

"Hari ini sudah satu kloter, paspor jamaah Aceh rampung divisakan. Jika sudah selesai beberpa paspor akan dijemput," sebut Kakanwil Kemenag Aceh melalui Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Aceh, H Abrar Zym SAg, dalam  wawancara bersama kru Metro TV, di lobi kanwil.

Didampingi Kasi Dokumen dan Pendaftaran Haji, Juhaimi SAg, Kabid PHU selain uraikan proses pemvisaan dokumen jamaah, juga menjelaskan bahwa manasik sedang berlangsung di KUA dan kabupaten. "Ada 10 kali, 2 kali di kabupaten dan 8 kali di KUA kecamatan," sambung Kabid PHU, di lobi Kanwil, Kamis (12/7).

Sebagaimana dilansir ihram.co.id, pemerintah menyatakan pengurusan visa untuk 160 kloter haji sudah selesai. Panitia haji terus menggenjot kinerjanya agar visa untuk 200 ribuan jamaah segera keluar.

Proses ini terus berjalan dengan target visa jamaah haji gelombang pertama sudah selesai semua sebelum pemberangkatan kloter pertama. "Alhamdulillah, sampai pagi ini sudah 65.913 visa yang siap atau setara 160 kloter,” ujar Kasubdit Dokumentasi dan Perlengkapan Haji Kemenag, Dr H Nasrullah Jasam MA, di Jakarta, Rabu (11/7).

“Insya Allah, sampai sore nanti akan bertambah signifikan. Kami sudah proses ke kedutaan besar sekitar 10.118 atau setara 25 kloter. Semoga sore nanti selesai semua,” lanjutnya kemarin.

Kabid PHU menjelaskan pula, koper jamaah dan petugas kloter dan nonkloter 1439 H, sedang proses penyablonanan identitas dan warna di kabupaten.

Pada 1439 H ini puncak haji atau Arafah (9 Dzulhijjah) itu, pada Senin (20 Agustus). Sehari sebelum Idul Adha 10 Dzulhijjah, Selasa (21 Agustus).

"Kloter 12 (BTJ 12) sebagai kloter gabungan JCH Aceh dengan jamaah asal Embarkasi Medan (MES), akan berangkat pada  Rabu (15/8) pukul 20.10 WIB. Masuk asrama Selasa (14/8) pukul 17.00 WIB. Pesawat yang bawa 200-an jamaah asal MES, transit dulu di Bandara SIM Aceh Besar, dan bergabung dengan jamaah Aceh," jelas H Abrar, yang baru ikuti sidang paripurna di DPRA.

JCH Aceh yang masuk Gelombang II, masuk asrama Jumat (3 Agustus) dan berangkat Sabtu (4 Agustus), asa Pidie (393 jamaah, termasuk 5 petugas kloter dan 4 TPHD).

"Kloter terakhir, Kloter 12 akan terbang 15 Agustus. Closing Date King Abdul Aziz Jeddah (KAIA) pukul 24.00 WAS. Semua penerbangan tidak boleh masuk lagi ke Tanah Suci, karena sudah dekat dengan Arafah, Senin 9 Dzulhijjah (20 Agustus)," tutupnya. []

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh