Di Aceh Timur, Tim Kanwil Nilai KUA Kecamatan Julok

Kankemenag Aceh Timur 28-06-2018 02:05

Idi (Irfan) - Tim penilai KUA Teladan Kanwil Kemenag Aceh yang di pimpin Drs. T. Cut Ali Manyak, MM lakukan kunjungan ke KUA Kecamatan Julok  Kabupaten Aceh Timur. Rabu  (27/6). Kedatangan tim ke KUA Julok didampingi langsung Kakankemenag Drs H Marzuki Ansari MA dan Kasi Bimas Islam Kemenag Aceh Timur serta beberapa staf dari Seksi Bimas Islam Kemenag.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan kemenag untuk melakukan penilaian terhadap KUA teladan di setiap kabupaten/kota se-provinsi Aceh. 

Cut Ali mengatakan bahwa penilaian yang dilakukannya langsung ke KUA Julok merupakan KUA teladan yang ditunjuk Kankemenag Aceh Timur.

Tim melakukan  koreksi administrasi pernikahan dan tata kelola perkantoran yang baik seperti penempatan baliho dan pengumuman yang tertera dalam ruang kantor.

Menurut Cut Ali tujuan dilakukannya tinjauan langsung ke lapangan adalah untuk melihat kondisi dan layanan masyarakat di KUA tersebut. Selanjutnya hasil dari penilaian itu akan dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam penetapan KUA kecamatan teladan tingkat provinsi Aceh tahun 2018 ini.

Kepala KUA Julok, Fadli SAg mengatakan bahwa ada beberapa aspek yang dinilai tim. Diantaranya aspek administrasi yang meliputi profil KUA, visi-misi, Standar Operasional Prosedur (SOP), pencatatan nikah dan beberapa administrasi lainnya.

Kepala Kantor Kemenag Aceh Timur menginformasikan tahun ini KUA yang dipimpin Fadli SAg terpilih sebagai utusan Kemenag Aceh Timur dalam penilaian KUA teladan tingkat Provinsi Aceh.

H Marzuki  menyebutkan beberapa kriteria yang menjadi penilaian dianggap terpenuhi oleh KUA yang berlokasi di Kecamatan Julok meski masih ada beberapa kelemahan dan kekurangan. “Kita doakan semoga utusan kita ini meraih nilai yang baik dari tim, dan penilaian ini mampu menjadi motivasi untuk men­dongkrak meningkatnya mutu KUA,” katanya. [x]

 

Kategori Urusan Agama Islam & Pembinaan Syariah Kantor Kemenag Kabupaten/Kota