CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Besok, Kemenag Aceh Akan Pantau Hilal Syawwal 1439 H di 7 Lokasi

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 664
Rabu, 13 Juni 2018
Featured Image

Banda Aceh (Inmas)---Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh mengatakan bahwa Badan Hisab Rukyat (BHR) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh akan melakukan Rukyatul Hilal awal Syawwal 1439 H di Gedung Pusat Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar, Besok, Kamis,  14 Juni 2018 bertepatan dengan 29 Ramadhan 1439 H.

"Untuk penentuan awal Syawwal 1439 H, Kementerian Agama Provinsi Aceh akan memantau Hilal di Pusat Observatium hilal Tgk. Chik Kuta Karang Lhoknga besok dan juga di beberapa daerah lainnya di Aceh, apapun hasilnya akan kami laporkan kepada Menteri Agama sebagai bahan pertimbangan dalam Sidang Itsbat," ujar Kakanwil, di Banda Aceh, Rabu (13/5).

Selain pusat Obs Hilal Aceh di Lhoknga, Daud Pakeh mengatakan telah menginstruksikan kepada beberapa Kakankemenag Kabupaten/Kota untuk melakukan koordinasi dengan Mahkamah Syar'iyah, Dinas Syariat Islam, MPU, instansi terkait, ormas Islam dan tokoh masyarakat untuk melakukan pengamatan Hilal bersama dan hasilnya dilaporkan kepada Kanwil Kemenag Aceh melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah. 

"Aceh dipercayakan sebagai salah satu provinsi yang ikut memantau hilal bersama sejumlah provinsi lainnya, Insyaallah kita akan melakukan pengamatan minimal  di 7 lokasi,” ujar Daud Pakeh.

Selain itu, Daud Pakeh juga mengatakan Walaupun1 Syawal 1439 H berpeluang sama pada hari Jumat, 15/6/2018, namun kepastiannya tetap menunggu keputusan Menteri Agama yang ditetapkan dalam sidang Itsbat penetapan awal Syawwal 1439 H di Jakarta.

Daud Pakeh juga mengatakan bahwa pengamatan hilal nantinya terbuka untuk masyarakat umum, "Kami mengajak masyarakat untuk menyaksikan pengamatan Hilal awal Syawal untuk pembelajaran, selama ini pusat Observatorium Hilal Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga juga sering dijadikan tempat belajar falakiyah oleh mahasiswa, siswa dan juga santri, nanti sebelum sebelum pengamatan juga akan dilakukan proses pembelajaran oleh Pakar Falakiyah BHR Kanwil Kemenag Aceh," lanjut Daud Pakeh.

Sementara anggota Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh Alfirdaus Putra, S. HI. MH mengatakan bahwa ijtima awal Syawwal 1439 H pada hari kamis, 14 juni 2018, pukul 02.45.16 WIB, dengan ketinggian hilal 7 derjat 32 menit 45 detik.

"Sangat besar kemungkinan Hilal akan terlihat di Aceh apabila cuaca mendukung," ujar Alfirdaus. [] 

Tags: # info
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh