Kakanwil dan Wakil Bupati Aceh Jaya Safari Ramadhan ke Gampong Lheut

Inmas Aceh 08-06-2018 05:57

Aceh Jaya (Inmas)---Kelala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh bersama Wakil Bupati Aceh Jaya,Tengku Yusri S melaksanakan Safari Ramadhan di Kampong Lhuet Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, Kamis (7/6) Malam.

Hadir bersama rombongan, sejumlah pejabat daerah dan juga sejumlah pejabat di lingkungan KanKemenag Kabupaten Aceh Jaya.

Dalam sambutannya, Tengku Yusri S, mengatakan bahwa malam tersebut adalah malam istimewa bagi masyarakat Jaya "karena tak disangka-sangka malam ini hadir Sesepuh kita, orang kita dari Aceh Jaya, yaitu bapak Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh ke Gampong Lhuet ini,"  ujar Abu Yus.

Dalam kesempatan tersebut, wakil bupati juga memperkenalkan orang nomor satu di lingkungan Kemenag Aceh itu kepada masyarakat setempat "Perlu saya perkenalkan kepada jamaah, bahwa bapak HM Daud Pakeh sebelumnya adalah Kakankemenag Aceh Jaya, jadi beliau ini adalah orang kita," lanjut wakil bupati.

Terlihat jamaah shalat Isya dan Tarawih memenuhi masjid tersebut yang diimami oleh walidi pimpinan pesantren NUHA Lamno. 

Wakil Bupati menyampaikan bahwa kehadiran tim Safari Ramadhan ke daerah daerah adalah untuk mendengar langsung aspirasi atau pesan pesan yang disampaikan oleh masyarakat, nantinya akan menjadi pihaknya dalam mengambil kebijakan.

"jadi, kami sangat berterima kepada masyarakat Lhuet, Jaya yang telah menyampaikan keluh kesahnya tentang kondisi Gampong tadi melalui pak kechik, dan itulah tujuan kehadiran kami, insya allah akan kami tindak lanjut mana yang lebih prioritas terlebih dahulu, walaupun ga semua, insyaallah salah satu permintaan akan segera kita wujudkan," ungkap wakil Bupati.

Sementara Kakanwil Kemenag Aceh, H. M. Daud  Pakeh dalam tausiahnya mengajak jamaah untuk menjadi pribadi yang Shalih, baik kesalihan dengan Allah maupun kesalihan sosial, apalagi bulan ramadhan, terbukti mampu mendidik diri kita peka terhadap kepedulian sesama. 

"Mari kita bermuhasabah, berapa kali Ramadhan telah kita lewati, apakah ia berlalu begitu saja, adakah pelajaran untuk kehidupan kita, atau ia berlalu begitu saja," ujar Kakanwil.

Selain itu, Kakanwil juga mengajak jamaah untuk merajut ukhwah dan persaudaraan dengan membangun silaturrahmi dan tidak terpropokasi sehingga terjadi permusuhan dan perpecahan.

"Fokuslah beribadah pada bulan agung ini dengan tenang dan khusyuk, nikmatilah keutamaan yang ada pada bulan ini sehingga menjadi bekal di luar ramadhan, lulusan terbaik dari universitas Ramadhan," ujar Kakanwil.

Apabila terjadi perbedaan diantara kita, mari kita kembali pada kaidah Nata'awan 'ala ma ittafaqna wa natasamah fima ikhtalafna,  yaitu Kita saling tolong menolong pada perkara yang kita sepakati, dan saling toleran pada apa yang kita perselisihkan.

Dalam kesempatan tersebut Kakanwil juga menjelaskan dua jenis hewan yang mejadi pelajaran bagi yang  berpuasa, yaitu puasa ular dan puasa ulat. Oleh karena itu, Puasa seharusnya mampu menghijrahkan diri kita agar semakin Taqwa.

Sebelumnya, Kakanwil da aku wakil bupati beserta rombongan buka puasa bersama masyarakat setempat di balee depan masjid. [] 

Kategori Informasi dan Humas