Kakanwil Sapa Penyuluh Agama di Aceh Jaya

Inmas Aceh 07-06-2018 14:52

Aceh Jaya (Inmas)---Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh menyapa penyuluh Agama Islam dalam Kabupaten Aceh Jaya di Mushalla Kantor Kemenag setempat, Kamis (7/6).

Pada kesempatan tersebut, Drs. Daud Pakeh mengatakan penyuluh agama memiliki peranan penting sebagai teladan, panutan, sekaligus rujukan dan tempat bertanya masyarakat tentang hal ihwal keagamaan.

“Penyuluh agama Islam mempunyai fungsi yang sangat dominan dalam melaksanakan kegiatannya, baik fungsi informatif dan edukatif sehingga posisinya sebagai da’i berkewajiban mendakwahkan Islam, menyampaikan penerangan agama dan mendidik masyarakat dengan sebaik-baiknya sesuai ajaran agama. Tak hanya itu, penyuluh agama juga berfungsi sebagai tempat konsultasi  dan advokasi,” ujar Kakanwil.

Selain itu, Kakanwil juga mengatakan bahwa saat ini, ta apalagi jelang tahun politik, tantangan dalam kehidupan sangat besar terkait dengan kemajemukan di Indonesia, sehingga dibutuhkan kemampuan dan keseriusan dalam mengimbangi itu semua.

“Dengan besarnya suku dan bahasa yang dimiliki Aceh, menjadi tantangan bagi penyuluh saat ini,  sehingga dibutuhkan kearifan dan kedewasaan dalam menyikapi kerukunan nasional. Dibutuhkan kebijakan dan aturan pemerintah dalam membangun itu semua,” lanjut Kakanwil.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil juga mengatakan bahwa kita harus paham politik walaupun kita tidak berpolitik praktis. 

Kakanwil juga memotivasi para penyuluh non PNS tersebut dan berharap mereka mampu menjadi pemersatu masyarakat dan menghindari perpecahan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kakankemenag Aceh Jaya, para Kasi dan seluruh ASN Kankemenag setempat.[]

Kategori Informasi dan Humas