Tetapkan Zakat Fitrah 1439H, Kakankemenag Abdya Lakukan Rapat Bersama Instansi Terkait.

Kankemenag Aceh Barat Daya 07-06-2018 07:08

Blangpidie (Badrul)---Dalam rangka penetapan dan untuk keseragaman pembayaran Zakat Fitrah di Kabupaten Aceh Barat Daya tahun 1439H/2018M Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat Daya (Kakankemenag Abdya) Drs. H. Arijal, M.Si lakukan rapat koordinasi bersama instansi terkait, Rabu (6/6/2018).

Rapat bersama penetapan zakat fitrah tersebut dilaksanakan di Aula Kankemenag Abdya dan dihadiri oleh Kepala Kankemenag Abdya Drs H Arijal M Si Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah, Wakil Ketua MPU, Kepala Baitul Mal, Kepala Disperindag, Kasubbag TU, Penyelenggara Syariah dan Kasi Bimas Islam.

Pada kesempatan tersebut diawal rapat Kepala Kankemenag Abdya melalu Penyelenggaraan Syariah T. Faisal, S.TH  terlebih dahulu menyampaikan tentang hasil surve harga beras yang telah dilakukan di pasar Blangpidie.

Rapat  bersama penetapan Zakat  Fitrah 1439 H/2018M yang dipimpin langsung oleh Kepala Kankemenag Abdya tersebut memutuskan 2 ketentuan dalam pembayaran Zakat Fitrah yaitu:

1. Kadar Zakat Fitrah adalah 1 sha' atau 2,8 kilogram atau 1,5 (satu setengah) bambu + dua genggam beras per jiwa.

2. Bagi yang mengeluarkan Zakat Fitrah dalam bentuk harga (uang) sesuai dengan mazhap Hanafi maka kadar 1 sha' adalah 3,8 kilogram sesuai dalam bentuk harga dari kurma kering, gandum sya'ir, anggur kering dan gandum bur (sesuai dengan fatwa MPU Aceh Nomor 13 Tahun 2014).


Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota