PAIF Seruway Tausiah di LP

Kankemenag Aceh Tamiang 28-05-2018 10:39

Karang Baru (Muhammad Sofyan) - Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kecamatan Seruway, Muhammad Dahlan, M. Kom. I, kembali mengunjung Lembaga Pemasyarakatan (LP) Aceh Tamiang di Kampung Dalam Karang Baru, dalam rangka menyampaikan Tausiah Ramadan, Minggu malam (27/5). Pengajian Ramadhan ini dihadiri 150 orang laki-laki dan 20 orang perempuan.

Dalam kesempatan tersebut Pak Dahlan (demikian sapaan akrabnya), menyampaikan tiga hikmah Ramadan. Pertama; bulan Ramdan adalah bulan penuh berkah, semua kebaikan berkumpul padanya, semua aktivitas nilainya ibadah yang dilipat gandakan, pintu surga di buka pintu neraka ditutup, syaitan di belunggu melalui menahan hawa nafsu.

Pak Dahlan mengisahkan bahwa sepulang dari perang Badar Rasul mengatakan kepada para sahabat bahwa mereka baru pulang dari perang yang kecil dan akan menghadapi perang yang besar yaitu perang melawan hawa nafsu.

Hikmah kedua adalah untuk menyehatkan badan sebagai mana sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya “Berpuasalah kamu agar kamu sehat,” ujar pak Dahlan mengutipkan hadis nabi. Dengan berpuasa berarti mengistirahatkan beberapa organ tubuh selama 12 jam setelah ia bekerja penuh selama 11 bulan.

Hikmah ketiga; secara psikologis mampu mengendalikan atau mengontrol emosional/marah, selanjutnya merupakan jalan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, melatih kedisiplinan, sabar dan tabah, menghilangkan sifat tamak dan rakus, dan juga sebagai ajang silaturrahmi. 

“Dipenghujung Ramadhan ada malam yang namanya Malam Lailatul Qadar, Malam Seribu Bulan, barang siapa yang beramal dimalam itu, berarti ia telah beramal setara dengan 83 tahun lamanya,” pungkas pak Dahlan. [x]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota