CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Masyarakat Bintang Hibahkan Tanah Untuk Pembangunan KUA

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 355
Kamis, 24 Mei 2018
Featured Image

Takengon (Inmas)---Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh, mengapresiasi kesiapan daerah Aceh Tengah dalam upaya menyiapkan lahan untuk dibangun kepentingan publik terutama di Jajaran Kementerian Agama.

Ia pun menyanjung tingginya respon masyarakatnya dalam berinfaq dan bersedeqah. “Saya mendapat laporan, bahwa pembebasan lahan untuk pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Bintang, dananya 75 persen dari masyarakat. Ini perlu kita apresiasi, dimana masyarakat Aceh Tengah dalam berinfaq dan bersedeqah cukup tinggi,” kata Daud Pakeh saat meletakkan batu pertama pembangunan Kantor Balai Nikah dan Menasik Haji KUA Bintang, Kamis 24 Mei 2018.

Dijelaskan lagi, bahwa pembangunan Balai Nikah dan Menasik Haji Bintang ini merupakan kali keempat dibangun di Aceh Tengah sejak tahun 2017 lalu. “Gedung ini dibangun dari pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2018, dengan biaya sebesar 1,2 M Rupiah,” terang Daud Pakeh.

Daud Pakeh menambahkan, pada masa sekarang bangunan KUA dibangun harus refresentatif dengan mempertimbangkan unsur kearifan lokalnya. “Di Aceh maupun di Gayo, pada saat ada yang nikah pasti ramai yang datang. Maka gedung Balai Nikahnya harus juga besar,” tandas Daud Pakeh.

Secara rinci Kakankemenag Aceh Tengah, Amrun Saleh menjelaskan bahwa Tanah tersebut dibeli seharga Rp 100 juta, sekitar 75 persen dana itu dikumpul dari masyarakat Bintang, ini di motori Pak Camat, Pak Mukim dan tokoh masyarakat, dan selebihnya 25 persen adalah infaq, sadakah karyawan Kementerian Agama Aceh Tengah. 

Pantauan, acara peletakan batu pertama pembangunan Kantor Balai Nikah dan Menasik Haji KUA Bintang, turut dihadiri Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar dan Muspika Kecamatan Bintang serta tokoh masyarakat setempat.[] 

Tags: # info
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh