Kankemenag Aceh Utara Mengadakan Raker FKUB

Kankemenag Aceh Utara 15-05-2018 15:39

Lhoksukon (Masnoer) - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Utara menggelar Rapat Kerja (Raker) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Aceh Utara bertema "Meningkatkan Komunikasi Membangun Silaturrahmi" Acara tersebut dilaksanakan di Balai Keikhlasan Kantor Kemenag Aceh Utara, Selasa (15/5).

Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Aceh Utara, H. Asnawi, S.Ag, M.Sos menjelaskan raker ini bertujuan untuk meningkatkan konsolidasi internal lembaga FKUB agar dapat memberikan pelayanan secara maksimal. Juga tertatanya sistem dan manajemen kelembagaan (organisasi FKUB) yang lebih baik  agar dapat memberikan pelayanan fungsional secara maksimal dan optimal.

"Disamping itu, dengan raker itu bisa meningkatnya koordinasi eksternal dengan instansi terkait (Kementerian Agama, dan Pemerintah Daerah Pihak Keamanan (Kejaksaan, Kepolisian, dan TNI)  serta pihak terkait lainnya dalam pembinaan dan pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama (KUB) di Aceh Utara," ungkapnya.

Ia melanjutkan di Aceh Utara menurut data tidak ada agama selain Islam, "Disini kita cuma melayani muslim saja dan raker ini bersifat intern," jelasnya.

Ketua FKUB Aceh Utara, Tgk. H. Ismail Is mengatakan program kerja FKUB Kabupaten Aceh Utara adalah melakukan tindakan prefentif atau pencegahan adanya konfik Agama, disamping juga dengan ekstren umat beragama. Maka untuk interen, kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkuat aqidah, akhlak dan amilah umat Islam,” ajaknya.

Semantara itu, Kakankemenag Aceh Utara, Salamina MA dalam amanatnya menjelaskan Kementerian Agama  mebimbing, mengayumi dan menjaga semua Agama yang ada di Republik ini.

"Kita menyadari bahwa kerukunan umat bergama bukanlah sesuatu yang given, yang bisa muncul tanpa upaya. Kerukunan merupakan kondisi aktif dan dinamis yang melibatkan unsur-unsur perbedaan dalam kehidupan masyarakat. Itulah sebabnya, melalui Kementerian Agama, Pemerintah senantiasa mendorong terwujudnya kehidupan sosial yang harmonis, rukun dan damai," tutup Salamina. [x]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota