Kakankemenag: Formalitas itu Penting tetapi Kualitas Jauh Lebih Penting

Kankemenag Aceh Barat 15-05-2018 10:15

Meulaboh ( Jufrizal Muaz ) --- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Aceh Jaya, melalui Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Barat, menggandeng Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag melaksanakan Sosialisasi Sistem Penilaian Akreditasi (SISPENA) dalam rangka mensukseskan akreditasi Madarsah 2018. Kegiatan yang diikuti Kepala dan Operator di Dua Kabupaten Aceh Barat, Aceh Jaya ini menghadirkan Bapak Fadli, S.Ag Kasi Kelembagaan dan Informasi pada Bidang Pemad Kanwil Kemenag Provinsi Aceh sebagai pemateri. Kegiatan Berlangsung di Aula Kemenag Aceh Barat, Selasa (15/5).

Kakankemenag Aceh Barat Khairul Azhar, S.Ag dalam sambutannya  menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai langkah inovasi bersama menuju pendidikan berkualitas. “Siapapun yang tidak berinovasi akan dimakan perubahan, maka motivasi dalam melaksanakan perbaikan dalam pendidikan sangat diperlukan. Formalitas itu penting tetapi kualitas jauh lebih penting. Makanya akreditasi semata-mata untuk meningkatkan kualitas yang baik, Materi pelatihan meliputi; Kebijakan tentang “Data Pokok Pendidikan” terkait akreditasi serta Kebijakan pelakasanaan akreditasi dengan aplikasi sispena.

Sistematikanya, diawali dengan penilaian evaluasi diri lembaga, pemeriksaan berkas, penugasan assesor untuk melakukan assesment, visitasi, validasi hingga verifikasi baru yang terakhir penetapan hasil akreditasi, tambahnya.

Pemateri Fadli, S.Ag pada kegiatan ini mengatakan Aplikasi ini dirancang untuk kebutuhan Badan Akreditasi baik Nasional maupun provinsi untuk dalam hal memberikan kemudahan pengelolaan data base penilaian akreditasi, agar data yang dikelola lebih cepat dalam hal proses, pelayanan data terkomputerisasi yang mudah digunakan dan dapat meningkatkan kinerja, kualitas layanan, serta kualitas data yang dihasilkannya.

Dengan tujuan  adanya ketersediaan data dan informasi nilai akreditasi dalam basis data yang terpadu, memenuhi kebutuhan akan data dan informasi nilai akreditasi yang akurat dan cepat, tersedianya sistem informasi pengelolaan nilai akreditasi yang mudah diakses dan semakin nyata manfaatnya dengan adanya kualitas data tersisterm, terstuktur dengan standar berbasis web sehingga mudah diinput, diupdate, dimonitor dan diakses. []

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota