CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Aceh Gelar Sosialisasi Hisab Rukyat untuk Siswa di SMAN 1

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 255
Kamis, 26 April 2018
Featured Image

Simeulue (Inmas)---Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melalu Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) menggelar Sosialisasi Hisab Rukyat untuk Siswa di SMAN 1 Sinabang, Simeulue, Kamis (26/4).

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh dan diikuti oleh siswa dan guru dari MA, SMAN dan SMK se Kabupaten Simeulue berjumlah 50 orang.

Dalam sambutannya, Kakanwil mengatakan bahwa ilmu astronomi penting dipelajari.

"Ilmu astronomi sangat penting, karena jarang dipelajari dan langka. sekarang banyak ilmuan eropa belajar falakiyah, padahal penemu ilmu-ilmu dunia adalah tokoh muslim," ujar Kakanwil.

Kakanwil juga menjelaskan, pada pelatihan yang lalu, ada peserta yang bertanya dimana kampus tempat belajar astronomi. "Mau kuliah disitu katanya. ternyata banyak masyarakat belum tau tentang informasi ini. Jadi, kegiatan ini kita lakukan semua untuk kepentingan umat dan sosialisasi informasi, misalnya terhadap penentuan waktu salat." jelas Kakanwil.

Menurut Kakanwil, ketika kita berada di sekolah ini, dengan ilmu astronomi kita dapat tahu kita berada pada berapa derajat. Inilah yang dicari sekarang. Kalau naik pesawat terbang, juga pakai titik koordinat. Begitu juga kapal laut.

"Hari ini kami ingin perkenalkan ilmu yang ada dalam al-Qur'an salah satunya tentang astronomi," tambahnya.

Kegiatan tersebut menyuguhkan materi dasar-dasar Hisab Rukyat sebagai bagian dari ilmu astronomi, Hisab Rukyat sebagai penentu ibadah umat Islam dan Praktek pengenalan beberapa instrumen hisab rukyat.

Adapun narasumbernya Dr. Suhrawardi Ilyas, MSc, Dosen Astronomi Unsyiah dan Anggota Balitbang BHR Aceh. Alfirdaus Putra, SHi, MH, ahli Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Aceh dan Tim Falakiyah Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang Aceh Kemenag Aceh.

Pada sosialisasi tersebut, panitia juga membawa instrumen seperti kompas, teleskop, binocular, rubu' mujayyab sebagai pengenalan alat dan praktek bagi peserta.

Turut hadir pada pembukaan tersebut, Kabid Urais Binsyar, Drs H Hamdan MA, Kakankemenag Simeulue, Kepala SMAN 1 dan Para Kasi pada Bidang Urais Binsyar Kanwil Kemenag Aceh.[]


Tags: # info
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh