CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Aceh Latih 30 Pasang Catin menuju Keluarga Samara

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 357
Rabu, 25 April 2018
Featured Image

Simeulue (Inmas)---Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menggelar Sosialisasi Pencegahan Kawin Anak dan Penguatan Keluarga Muda di Kabupaten Simeulue yang dilaksanakan di Wisma Harti, Sinabang, Simeulue, sejak 25-27 April 2018.

Kegiatan tersebut dibuka Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh, Rabu (25/4) bertema "Siapkan Iman dan Ilmu Menuju Keluarga Samara" dan diikuti 30 pasangan Calon Pengantin (Catin) se Kabupaten Simeulue.

Dalam sambutan dan arahannya Kakanwil mengatakan persiapan menuju rumah tangga bahagia perlu dipersiapkan sejak dini.

"Dalam berumah tangga akan banyak rintangan yang dihadapi, termasuk penyesuaian diri pasangan masing-masing dengan latar belakang beragam. Ini perlu dipersiapkan sejak sekarang dengan matang" ujar Kakanwil.

Dihadapan para catin, Kakanwil menambahkan carilah olehmu pasangan hidup yang cantik dimatamu, karena agamanya, kaya jiwanya, jangan dicari karena hartanya karena itu tidak menjamin kebahagiaan kelak.

Selain itu, Kakanwil mengingatkan bahwa ternyata 10 % dari angka pernikahan terjadi perceraian. Dan juga yang tinggi terjadi di daerah kepulauan. Ternyata usia perkawinan yang paling rentan adalah usia 5 tahun perkawinan. "Karena itu, kegiatan ini penting sebagai pembekalan bagi calon pasangan suami isteri dan remaja usia pra nikah," ungkap Kakanwil.

Kakanwil juga menyebutkan dulu proses penyelesaian persoalan rumah tangga selalu dilakukan di masjid.

"Tujuannya, agar suami istri yang bermasalah dapat merasa tentram ketika masuk masjid, dan pun terjadi keributan lagi, kita ingatkan bahwa mereka berada di rumah Allah," jelas Kakanwil.

Daud Pakeh berharap para Catin punya cita-cita nantinya setelah menikah untuk mempertahankan rumah tangganya selama-lama hingga ajal menjemput.

Turut hadir pada kegiatan itu, Kabid Urais Binsyar Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Hamdan MA, Kabid Penaiszawa, Drs Azhari dan Kakankemenag Simeulue, Drs H Salman Arifin, MAg.[]


Tags: # info
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh