CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Asy'ari, Mantan Kabid Haji yang Balik ke Banda

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 836
Kamis, 19 April 2018
Featured Image

Banda Aceh (Muhammad Yakub Yahya)---Jumat (20/4) pagi, diumumkan dan dipanggil calon petugas haji yang lulus. Selamat bagi yang dinyatakan lulus.

"Bagi yang belum lulus, kesempatan melayani tamu Allah terbuka luas, di tahun-tahun mendatang," sebut Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh, saat pengarahan jelang penyeleksian pekan lalu. 

Nah sepekan yang lalu, Kamis (12/4) itu, tes yang dipantau tim Itjen, Ditjen Kemenag RI, serta Kakanwil, ujian tahap kedua calon petugas haji 2018 Kanwil Kemenag Aceh, berlangsung sukses, di Aula Arafah Asrama Haji Aceh.

Peserta yang ikut ujian untuk formasi 11 TPHI, 11 TPIHI, dan 5 PPIH Arab Saudi, yang berbasis android ini, hasil dari seleksi administrasi dan tahap pertama, Maret lalu, dari unsur Kanwil/Kankemenag, dayah, kampus, dan ormas.

Sejenak setelah 99 peserta ikuti ujian sistem Computer Assistet Test (CAT), sesi wawancara dan praktik dilaksanakan, hingga sore.

Juga sesi yang dibantu alat peraga manasik ini, dipantau tim pusat dan Kakanwil, sepekan lalu itu. 

Selain Kabag TU Kanwil Drs H Asy'ari, wawancara dan praktik itu, tim tes dibantu Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) H Abrar Zym SAg, dan Kabid Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Drs H Hamdan MA.

Dalam sepekan usai itu, di antara arahan Kabag TU, adalah mengubah pola barisan saat apel dan upacara, menjadi per bidang dan subbag. Selama ini Kabag TU terus benahi lingkungan kantor, juga kedisiplinan karyawan di dalamnya. Suasana luar dan dalam area kantor pun kian asri dan apik. 

Sepekan usai tes kandidat petugas haji, saat peserta ujian calon petugas haji 1439 H menanti pemanggilan (nama lain pengumuman calon petugas haji), Kamis (19/4) siang, Asy'ari kembali diamanahkan menjadi Kakankemenag Kota Banda Aceh.

Bersama Asy'ari, di aula kantor, Kakanwil melantik juga H Saifuddin SE (dari jabatan sebelumnya, Kasubbag Perencanaan dan Keuangan) sebagai Kabag TU Kanwil, dan Drs H Amiruddin Husein MA (dari jabatan sebelumnya, Kakankemenag Kota Banda Aceh) menjadi Kakankemenag Nagan Raya (menggantikan kepala sebelumnya, Drs H Herman MSc MA sedang proses finalisasi doktoral).

Kakanwil antara lain sampaikan, bahwa mutasi dan promosi adalah biasa demi penyegaran dan peningkatan kinerja dan karir.

Sejak sekarang, Asy'ari putra kelahiran Jambo Aye Aceh Utara 22 Februari 1964 itu, menakhodai Kankemenag Kota Banda Aceh. Sebelumnya, ayah tiga putra putri ini, memang pernah menjabat Kasi di Kankemenag di Jalan Mohd Jam, dekat Baiturrahaman itu.

Banyak pengalaman dan inovasi yang bisa diaplikasikan di kantor baru ini, dari perjalanan panjang dari laki-laki yang telah mengabdi selaku ASN selama  29 tahun.

Banyak yang bisa didiskusikan dengan H Asy'ari, alumnus Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry Darussalam itu, dan langsung mencair. Apalagi ada saja tema yang bisa dicelotehkan, tapi tetap serius. 

Jika bicara, gaya Pak Asy'ari, yang diamanahkan Kabag TU sejak 21 November 2016 (menggantikan almarhum H Habib Badaruddin SSos), memang khas. Ada guyon dan tawa, ada uneg dan solusi di belakangnya.

Juga dari perjalanan panjang pergi dan pulang selama 5 tahun 8 bulan, saat diamanahkan mengepalai Kemenag Aceh Selatan, sejak 1 Oktober 2011, hingga pelantikan sebagai Kabag TU, dua tahun lalu.

Pak Asy'ari pernah menguraikan kondisi lokasi kerja, malam-malam di Kota Tapaktuan, dan jalan menikung ke Aceh Selatan, kalau kita mau mendengarnya.

Jika ia bicara suasana kerja, kedekatan dengan jajarannya, saat jam makan tiba, keheningan malam-malam panjang di Tapaktuan, kelelahan di raut Pak Asy'ari, yang hampir enam tahun mengabdi di Kota Naga itu, tidak bisa disembunyikan. Buah pala dan hembusan angin malam Samudera Indonesia, Paro, Kulu, dan Geureutee tentu saksinya.

Selamat datang (kembali) Pak Asy'ari, mantan Kabid Haji Zakat dan Wakaf (Hazawa) Kanwil Depag Provinsi Aceh, ke Kota Banda Aceh.

Sebelumnya, sebelum 1 Oktober 2011 menjadi Kandepag Aceh Selatan, memang ia juga sudah lama mengabdi di KUA (Kuta Alam) dan Kandepag Kota Banda Aceh. Selanjutnya dipercayakan selaku Kasi Haji di Kandepag Kota, sebelum dipromosi jadi satu Kasi di Bidang Hazawa (kini berubah jadi Bidang PHU) Kanwil. 

H Asy'ari yang beralamat di kawasan Batoh Lueng Bata itu, tentu akan terus berkiprah dan segarkan lingkungan di perkantoran dan warganya. Selamat kembali mantan Kabid Haji, ke Banda (nakhodai Kankemenag Kota Banda Aceh). []

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh