CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

59 Siswa MAN Model Lulus SNMPTN 2018

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1351
Rabu, 18 April 2018
Featured Image

Banda Aceh (Humas)---Sebanyak 59 siswa MAN Model Banda Aceh lulus masuk ke perguruan tinggi melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2018. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang yang berjumlah 54 siswa. Tahun ini MAN Model kembali eksis mengirimkan siswa-siswi terbaiknya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur undangan.

Dari jumlah tersebut, tiga diantaranya lulus di Universitas Indonesia (UI), satu di Institut Teknologi Bandung (ITB), dan berbagai perguruan tinggi favorit lainnya, seperti Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan beberapa kampus lainnya.

Peraih medali emas Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2017 cabang Biologi, Nadia Wulandari (XII IPA 1) berhasil lulus di UI dengan jurusan Teknik Biomedis.

Hal tersebut tentu sejalan dengan prestasi sehari-hari yang cukup gemilang. Nadia, sapaan akrabnya, berhasil 'masuk' UI tanpa tes walaupun ditengah persaingan begitu ketat..

Dikutip dari website SNMPTN, persyaratan untuk mengikuti jalur undangan tersebut diantaranya: siswa SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) kelas terakhir pada tahun 2017 dan mengikuti Ujian Nasional (UN) yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:

1. akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;

2. akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;

3. akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;

4. belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya. Pemeringkatan dilakukan oleh Panitia Pusat.

5. Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,

6. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.

7. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh