Mahasiswa UIN Ar-Raniry Belajar Falakiyah di Pusat Observatorium Tgk Chik Kuta Karang

Inmas Aceh 16-04-2018 14:38

Aceh Besar (Inmas)---Sebanyak 38 Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Islam (HES) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry melakukan praktek falakiyah ke gedung Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Kemenag Aceh, di Lhoknga, Aceh Besar, Selasa (16/4).

Pada kunjungan tersebut, mahasiswa diajarkan teori dan cara penggunaan Theodolite untuk pengukuran arah kiblat. Setelah itu mahasiswa tersebut juga belajar bagaimana cara rukyatul hilal. 

"Instrumen yang kita gunakan untuk proses belajar ini adalah 2 unit Theodolite, Teleskop reflektor vixen vc200L, teleskop refraktor vixen ed 100sf, ioptron dan Binocular," jelas M Iqbal, yang memandu mahasiswa.

Kegiatan tersebut adalah rangkaian dalam mata kuliah Ilmu Falak prodi HES dan kelanjutan MoU antara Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Ar-Raniry dengan Kanwil Kemenag Aceh. 

Selain menerima kunjungan mahasiswa, pada hari ini petugas gedung Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang juga menerima Kunjungan Belajar Majelis Taklim Masjid Aree Delima, Sigli, Pidie, dan Rukyatul Hilal Awal Bulan Sya'ban 1439 H.

Seperti diketahui, Gedung Observatorium tersebut terbuka untuk umum, bagi siswa, mahasiswa maupun masyarakat umum yang ingin menyaksikan atau praktik falakiyah, silahkan datang ke Pusat Observatorium Hilal Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga, cukup dengan mengirim surat pemberitahuan. Demikian disampaikan Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh.[]


Kategori Informasi dan Humas