MIN 19 Bireuen Gelar Lomba Tahfiz Al Quran dan Pidato antar Kelas

Kankemenag Bireuen 11-04-2018 15:27

Bireuen (Farizal) — Dalam rangka menyambut tahun pelajaran baru 2018/2019 yang akan datang, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 19 Bireuen (MIN Krueng Panjoe) menggelar lomba tahfiz Al Quran dan pidato antar kelas. Acara tersebut diikuti oleh para siswa perwakilan masing-masing kelas dan digelar di halaman madrasah tersebut selama tiga hari, mulai 10 sampai 12 Maret 2018.

Ketua panitia pelaksana Mutia Ratna SPd mengatakan, lomba tersebut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan madrasah menjelang tahun ajaran baru. “Biasanya acara dilaksanakan setelah ujian semester genap, namun mengingat bulan ramadan sudah dekat maka acara dipercepat,” katanya.

Mutia melanjutkan, lomba ini merupakan ajang uji kompetensi siswa/siswi dalam hal menghafal ayat-ayat suci Al Quran. Karena proses menghafal Al Quran itu sendiri dilakukan siswa/ siswi madrasah tersebut selama 30 menit setiap harinya sebelum memulai mata pelajaran, dan dibimbing oleh guru.

Tujuan dilaksanakan lomba ini, jelas Mutia adalah untuk mendidik para siswa menjadi insan qurani di masa depan. “Dengan mampu menghafal Al Quran, diharapkan juga akan membantu para siswa mempercepat daya serap terhadap materi pelajaran lainnya,” ungkap Mutia.

Adapun hafalan surat-surat yang dilombakan adalah Surat Yasin, Al-waaqi’ah, Ar-rahman, dan Al-mulk, untuk siswa kelas VI. Sementara siswa kelas I sampai dengan kelas V diperlombakan hafalan juz 30. [x]

Kategori Informasi dan Humas Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW